Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Memisahkan Biaya Tetap dengan Biaya Variabel

Memisahkan Biaya Tetap dengan Biaya Variabel

  • oleh

Untuk merencanakan, menganalisis, mengendalikan atau mengevaluasi biaya  pada  tingkat  aktivitas  yang  berbeda,  biaya  tetap  dan  variabel  harus dipisahkan. Pemisahan biaya tetap dan biaya variabel diperlukan untuk tujuantujuan berikut :

  1. Perhitungan tarif biaya overhead predeterminasi dan analisis varians

2. Persiapan anggaran fleksibel dan analisis varians

3. Perhitungan biaya langsung dan analisis varians

4. Analisis titik impas dan analisis biaya-volume-laba

5. Analisis biaya diferensial dan komparatif

Untuk merencanakan, menganalisis, mengendalikan, atau mengevaluasi biaya pada tingkat aktivitas yang  berbeda, biaya tetap dan biaya variabel harus dipisahkan. Pemisahan biaya tetap dan biaya variable diperlukan untuk tujuantujuan berikut :

  • Perhitungan tarif biaya overhead predeterminasi dan analisis varians
  • Persiapan anggaran fleksibel dan analisis varians
  • Perhitungan biaya langsung dan analisis varians
  • Analisis titik impas dan analisis biaya volume laba
  • Analisis biaya diferensial dan komparatif
  • Analisis maksimisasi laba dan minimisasi biaya jangka pendek
  • Analisis anggaran modal
  • Analisis profitabilitas pemasaran berdasarkan daerah, produk, dan pelanggan

Pada  umumnya,  klasifikasi  dan  estimasi  biaya  yang  lebih  dapat diandalkan  diperoleh  dengan  menggunakan  salah  satu  metode  perhitungan berikut:

1. Metode tinggi – rendah

2. Metode scattergraph

3. Metode kuadrat terkecil

Metode ini digunakan tidak hanya untuk mengestimasi komponen tetap dan variabel dari biaya semi variabel tetapi juga untuk menentukan apakah suatu biaya seluruhnya tetap atau seluruhnya variabel dalam rentang aktivitas yang relevan .

Penggunaan   metode   perhitungan   biasanya   menghasilkan   analisis perilaku biaya yang lebih dapat diandalkan dibandingkan penggunaan penilaian manajemen mengingat bahwa hasil yang diperoleh bergantung pada data historis . estimasi biaya tetap dan variabel berdasarkan data historis sebaiknya disesuaikan untuk merefleksikan apa yang diperkirakan akan terjadi selama periode perkiraan . Jika data historis  memasukkan observasi dari  beberapa tahun  yang berbeda, analisis harus mempertimbnagkan potensi dampak inflasi . Jika tingkat inflasi cukup substansial selama periode tertentu, estimasi biaya tetap dan variabel kemungkinan besar tidak dapat diandalkan . salah satu cara untuk mengatasi masalah ini yaitu menghitung kembali biaya setiap periode sample dalam nilai uang  sekarang  kemudian  melakukan  analisis  biaya  yang  telah  disesuaikan terhadap inflasi .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.