Lompat ke konten
Home » Farmasi » Tujuh Jenis Dasar Sensor Suhu

Tujuh Jenis Dasar Sensor Suhu

  • oleh

Temperatur didefinisikan sebagai tingkat energi materi yang dapat dibuktikan dengan beberapa perubahan dalam materi tersebut. Sensor suhu memiliki banyak variasi dan memiliki satu kesamaan: mereka semua mengukur suhu dengan merasakan beberapa perubahan dalam karakteristik fisik.

Tujuh jenis sensor suhu dasar yang akan dibahas di sini adalah termokopel, perangkat suhu resistif (RTD, termistor), radiator inframerah, perangkat bimetalik, perangkat ekspansi cairan, perubahan keadaan molekul, dan dioda silikon.

Termokopel

Termokopel adalah perangkat tegangan yang menunjukkan suhu dengan mengukur perubahan tegangan. Saat suhu naik, tegangan keluaran termokopel naik – tidak harus linier.

Seringkali termokopel terletak di dalam pelindung logam atau keramik yang melindunginya dari paparan berbagai lingkungan. Termokopel berselubung logam juga tersedia dengan berbagai jenis lapisan luar, seperti Teflon, untuk penggunaan bebas masalah dalam asam dan larutan kaustik yang kuat.

Perangkat Suhu Resistif

Perangkat suhu resistif juga bersifat listrik. Alih-alih menggunakan tegangan seperti yang dilakukan termokopel, termokopel memanfaatkan karakteristik materi lain yang berubah seiring suhu – resistansinya. Dua jenis perangkat resistif yang kami tangani di OMEGA Engineering, Inc., di Stamford, Conn., Adalah logam, perangkat suhu resistif (RTD) dan termistor.

Secara umum, RTD lebih linier daripada termokopel. Mereka meningkat ke arah positif, dengan resistensi naik saat suhu naik. Di sisi lain, termistor memiliki jenis konstruksi yang sama sekali berbeda. Ini adalah perangkat semikonduktif yang sangat nonlinier yang akan menurunkan resistansi saat suhu naik.

Sensor Inframerah

Sensor inframerah adalah sensor non-kontak. Sebagai contoh, jika Anda memegang sensor infra merah khas ke depan meja Anda tanpa kontak, sensor tersebut akan memberi tahu Anda suhu meja berdasarkan radiasinya – mungkin 68 ° F pada suhu ruangan normal.

Dalam pengukuran air es yang tidak bersentuhan, suhu akan sedikit di bawah 0 ° C karena penguapan, yang sedikit menurunkan pembacaan suhu yang diharapkan.

Perangkat Bimetalik

Perangkat bimetalik memanfaatkan pemuaian logam saat dipanaskan. Dalam perangkat ini, dua logam terikat bersama dan secara mekanis dihubungkan ke sebuah penunjuk. Saat dipanaskan, satu sisi strip bimetalik akan mengembang lebih dari sisi lainnya. Dan saat diarahkan dengan benar ke penunjuk, suhu akan ditunjukkan.

Keuntungan dari perangkat bimetalik adalah portabilitas dan kemandirian dari catu daya. Namun, biasanya tidak seakurat perangkat listrik, dan Anda tidak dapat dengan mudah mencatat nilai suhu seperti pada perangkat listrik seperti termokopel atau RTD; tetapi portabilitas adalah keuntungan pasti untuk aplikasi yang tepat.

Termometer

Termometer adalah alat ekspansi cairan yang terkenal. Secara umum, mereka datang dalam dua klasifikasi utama: jenis merkuri dan jenis organik, biasanya merah, cair. Perbedaan antara keduanya penting, karena perangkat merkuri memiliki batasan tertentu dalam hal bagaimana mereka dapat diangkut atau dikirim dengan aman.

Misalnya, merkuri dianggap kontaminan lingkungan, sehingga kerusakan bisa berbahaya. Pastikan untuk memeriksa batasan saat ini untuk transportasi udara produk merkuri sebelum pengiriman.

Sensor Perubahan Status

Sensor suhu perubahan status hanya mengukur itu – perubahan status material yang disebabkan oleh perubahan suhu, seperti perubahan dari es ke air dan kemudian ke uap. Perangkat jenis ini yang dijual secara komersial dalam bentuk label, pelet, krayon, atau lak.

Misalnya, label dapat digunakan pada steam traps. Saat jebakan perlu disetel, jebakan menjadi panas; kemudian, titik putih pada label akan menunjukkan kenaikan suhu dengan berubah menjadi hitam. Titik tersebut tetap hitam, meskipun suhu kembali normal.

Label perubahan status menunjukkan suhu dalam ° F dan ° C. Dengan jenis perangkat ini, titik putih berubah menjadi hitam jika melebihi suhu yang ditunjukkan; dan itu adalah sensor yang tidak dapat diubah yang tetap hitam setelah berubah warna. Label suhu berguna saat Anda memerlukan konfirmasi bahwa suhu tidak melebihi tingkat tertentu, mungkin untuk alasan teknik atau hukum selama pengiriman. Karena perangkat perubahan status nonelektrik seperti strip bimetalik, mereka memiliki keuntungan dalam aplikasi tertentu. Beberapa bentuk dari kelompok sensor ini (pernis, krayon) tidak berubah warna; tanda yang dibuat oleh mereka menghilang begitu saja. Versi pelet menjadi cacat visual atau meleleh sepenuhnya.

Silicon Diode

Sensor dioda silikon adalah perangkat yang dikembangkan secara khusus untuk kisaran suhu kriogenik. Pada dasarnya, mereka adalah perangkat linier di mana konduktivitas dioda meningkat secara linier di daerah kriogenik rendah.

Sensor apa pun yang Anda pilih, kemungkinan besar tidak akan beroperasi dengan sendirinya. Karena sebagian besar pilihan sensor tumpang tindih dalam rentang suhu dan akurasi, pemilihan sensor akan bergantung pada bagaimana sensor akan diintegrasikan ke dalam sistem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.