Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Tujuan Latihan Pengembangan Tubuh

Tujuan Latihan Pengembangan Tubuh

  • oleh
  • November 6, 2020November 6, 2020

Latihan Pengembangan Tubuh atau yang sering kita dengar dengan Olahraga. Memiliki manfaat kesehatan fisik yang sulit untuk diabaikan. Setiap orang mendapat banyak manfaat dari olahraga, tanpa memandang usia, jenis kelamin, atau kemampuan fisik. Dibawah ini ada hal yang bisa lebih meyakinkan untuk melakukan latihan dan olahraga.

Berikut ini adalah Tujuan Dari Latihan Pengembangan Tubuh (Olahraga)

1. Mengontrol berat badan

Latihan Pengembangan Tubuh (Olahraga) dapat membantu mencegah penambahan berat badan berlebih atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Saat Anda melakukan aktivitas fisik, Anda akan membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

Setiap jumlah aktivitas lebih baik daripada tidak sama sekali. Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga, tetaplah lebih aktif sepanjang hari , seperti naik tangga jangan menggunakan lift atau selesaikan pekerjaan rumah tangga Anda. Semua itu konsistensi adalah kuncinya.

2. Latihan Pengembangan Tubuh (Olahraga) dapat menghindari penyakit

Khawatir tentang penyakit jantung? Berharap dapat mencegah tekanan darah tinggi? Tidak peduli berapa berat badan Anda saat ini, menjadi aktif meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), kolesterol “baik”, dan menurunkan trigliserida yang tidak sehat.

Olahraga teratur membantu mencegah atau mengelola banyak masalah dan masalah kesehatan, adalah salah satunya :

Dengan Latihan Pengembangan Tubuh (Olahraga) dapat menghindari penyakit berbahaya seperti :

  • Stroke
  • Sindrom metabolik
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes tipe 2
  • Depresi
  • Kegelisahan
  • Banyak jenis kanker
  • Radang sendi
  • Dan banyak lagi

3. Latihan Pengembangan Tubuh (Olahraga) dapat meningkatkan mood

Butuh peningkatan emosional? Atau perlu mengeluarkan tenaga setelah hari yang melelahkan? Sesi gym atau jalan cepat dapat membantu. Aktivitas fisik merangsang berbagai zat kimia otak yang mungkin membuat Anda merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan tidak terlalu cemas.

Anda mungkin juga merasa lebih baik tentang penampilan dan diri Anda sendiri saat berolahraga secara teratur, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan diri Anda.

4. Latihan meningkatkan energi

Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan Anda.
Olahraga mengirimkan oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda dan membantu sistem kardiovaskular Anda bekerja lebih efisien. Dan ketika kesehatan jantung dan paru-paru Anda membaik, Anda memiliki lebih banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

5. Olahraga meningkatkan kualitas tidur

Berjuang untuk menunda? Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, dan memperdalam tidur Anda. Hanya saja, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, atau Anda mungkin terlalu bersemangat untuk tidur.

6. Latihan mengembalikan semangat ke dalam kehidupan seks Anda

Apakah Anda merasa terlalu lelah atau tidak fit untuk menikmati keintiman fisik? Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan energi dan meningkatkan kepercayaan diri terhadap penampilan fisik, yang dapat meningkatkan kehidupan seks Anda.

Tapi ada yang lebih dari itu. Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan gairah wanita. Dan pria yang berolahraga secara teratur cenderung memiliki masalah dengan disfungsi ereksi dibandingkan pria yang tidak berolahraga.

7. Olahraga bisa menyenangkan

Latihan dan aktivitas fisik bisa menyenangkan. Mereka memberi Anda kesempatan untuk bersantai, menikmati alam bebas, atau sekadar terlibat dalam aktivitas yang membuat Anda bahagia. Aktivitas fisik juga dapat membantu Anda terhubung dengan keluarga atau teman dalam lingkungan sosial yang menyenangkan.

Setidaknya 150 menit seminggu aktivitas aerobik sedang atau 75 menit seminggu aktivitas aerobik berat, atau kombinasi aktivitas sedang dan berat. Pedoman menyarankan agar Anda menyebarkan latihan ini sepanjang minggu. Contohnya termasuk berlari, berjalan atau berenang. Bahkan aktivitas fisik dalam jumlah kecil pun bermanfaat, dan aktivitas yang terakumulasi sepanjang hari memberikan manfaat kesehatan.
Latihan kekuatan untuk semua kelompok otot utama setidaknya dua kali seminggu. Contohnya termasuk mengangkat beban bebas, menggunakan mesin angkat beban, atau melakukan latihan beban tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.