Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Tujuan Kompensasi

Tujuan Kompensasi

  • oleh

Hasibuan (2003: 121) memberikan beberapa dari tujuan kompensasi, yaitu:

a) Ikatan Kerja Sama

Dengan  pemberian  kompensasi  terjalinlah  ikatan  kerja  sama  formal  antara majikan dengan karyawan.  Karyawan harus mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik, sedangkan pengusaha/majikan wajib membayar kompensasi sesuai dengan perjanjian yang disepakati.

b) Kepuasan Kerja

Dengan balas jasa, karyawan akan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan fisik, status sosial, dan egoisnya sehingga memperoleh kepuasan kerja dari jabatannya.

c) Pengadaan Efektif

Jika program kompensasi ditetapkan cukup besar, pengadaan karyawan yang qualified untuk perusahaan akan lebih mudah.

d) Motivasi

Jika balas jasa yang diberikan cukup besar, manajer akan mudah memotivasi bawahannya.

e) Stabilitas Karyawan

Dengan  program  kompensasi  atas  prinsip  adil  dan  layak  serta  eksternal konsistensi yang kompentatif maka stabilitas karyawan lebih terjamin karena turn-overrelatif kecil.

f) Disiplin

Dengan pemberian balas jasa yang cukup besar maka disiplin karyawan semakin baik.  Mereka akan menyadari serta mentaati peraturan-peraturan yang berlaku.

g) Pengaruh Serikat Buruh

Dengan   program   kompensasi   yang   baik   pengaruh   Serikat   Buruh   dapat dihindarkan dan karyawan akan konsentrasi pada pekerjaannya.

h)Pengaruh Pemerintah

program  kompensasi  sesuai  dengan  Undang-Undang  perburuhan  yang berlaku (seperti  batas  upah  minimum),  maka  intervensi pemerintah  dapat dihindarkan.

Sedangkan menurut Handoko (2001: 156) tujuan kompensasi dapat diuraikan sebagai berikut:

a. Memperoleh personalia yang qualified

b. Mempertahankan para karyawan yang ada sekarang

c. Menjamin keadilan

d. Menghargai perilaku yang diinginkan

e. Mengendalikan biaya-biaya

f. Memenuhi peraturan-peraturan legal

Dari  pengertian  diatas  terlihat  bahwa  kompensasi  merupakan  alat  pengikat perusahaan  terhadap  karyawannya,  dan  sebagai  faktor  penarik  serta  pendorong seorang menjadi karyawan yang sukses. Dengan demikian kompensasi mempunyai fungsi    yang    cukup    penting    di    dalam    memperlancar    jalannya    roda organisasi/perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.