Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Tidak Bisa Melupakan Seseorang Menurut Psikologi

Tidak Bisa Melupakan Seseorang Menurut Psikologi

  • oleh

Melupakan merupakan bagian yang umum terjadi dari kehidupan kita. Melupakan adalah bagian kerja dari otak kita. Apakah Anda pernah mengalami tidak bisa melupakan seseorang dari ingatan Anda? Psikolog Hermann Ebbinghaus adalah salah satu psikolog yang pertama secara ilmiah mempelajari tentang “melupakan”.

Dalam eksperimen di mana dia menggunakan dirinya sebagai subjek, Ebbinghaus menguji ingatannya menggunakan suku kata yang tidak masuk akal. Dia mengandalkan kata-kata omong kosong seperti itu karena menggunakan kata-kata yang diketahui sebelumnya akan melibatkan menggambar pada pengetahuan dan asosiasi yang ada dalam ingatannya.

Hasilnya, Ebbinghaus mengungkapkan hubungan antara lupa dan waktu. Awalnya, informasi sering hilang dengan sangat cepat setelah dipelajari. Faktor-faktor seperti bagaimana informasi dipelajari dan seberapa sering diulang memainkan peran dalam seberapa cepat ingatan ini hilang. Informasi yang disimpan dalam memori jangka panjang secara mengejutkan stabil.

Bagaimana Mengukur Lupa

Jadi bagaimana kita tahu ketika sesuatu telah dilupakan? Ada beberapa cara berbeda untuk mengukur ini diantaranya adalah :

Ingat: Orang yang telah diminta untuk menghafal sesuatu, seperti daftar istilah, mungkin diminta untuk mengingat daftar dari memori. Dengan melihat berapa banyak item yang diingat, peneliti dapat mengidentifikasi berapa banyak informasi yang telah dilupakan.

Pengakuan: Metode ini melibatkan pengidentifikasian informasi yang telah dipelajari sebelumnya. Pada tes, misalnya, siswa mungkin harus mengenali istilah mana yang mereka pelajari dalam bab bacaan yang ditugaskan kepada mereka.

Informasi baru mengganggu informasi lama

Interferensi proaktif terjadi ketika informasi yang dipelajari sebelumnya membuat lebih sulit untuk membentuk ingatan baru. Mempelajari nomor telepon baru atau kombinasi loker mungkin lebih sulit, misalnya, karena ingatan Anda tentang nomor telepon lama dan kombinasinya mengganggu informasi baru.

Menghilangkan gangguan sama sekali tidak mungkin, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan efeknya. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah melatih informasi baru agar lebih baik dalam mengingatnya. Faktanya, banyak ahli merekomendasikan untuk mempelajari informasi penting secara berlebihan, yang melibatkan latihan materi berulang-ulang sampai dapat direproduksi dengan sempurna tanpa kesalahan.

Jadi, Dari informasi diatas dapat kita simpulkan kenapa kita sangat sulit melupakan seseorang adalah memori otak kita. Dan untuk melupakan , itu juga tergantung dengan waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.