Lompat ke konten
Home » Sosial Politik » Teori Kependudukan Optimum

Teori Kependudukan Optimum

  • oleh

Didasarkan pada hubungan antara penduduk dengan jumlah sumberdaya alam. Kelebihan Penduduk :

a. Absolut / mutlak

b. relatif / nisbi

Kelebihan Penduduk Absolut – ADOLF WAGNER

Suatu bkeadaan bila jumlah produksi dari berbagai bidang penghidupan di suatu daerah tertentu dalam jangka waktu tertentu pada periode tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan setiap orang untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Kelebihan Penduduk relatif -TINBERGEN

Suatu keadaan bila berbagai bidang penghidupan di suatu daerah tidak memungkinkan lagi untuk setiap penduduk memperoleh mata pencaharian yang sesuai dengan tingkat penghidupan yang berlaku di suatu tempat.

Tokoh-Tokoh :

WICKSEL

Menyimpulkan dua pengertian kelebihan penduduk tersebut :

Untuk setiap daerah pada suatu waktu tertentu akan terdapat suatu kerapatan penduduk yang memungkinkan tercapainya tingkat kemakmuran yang optimum.

Tingkat kemakmuran optimum untuk daerah-daerah yang hanya tergantung kepada hasil produksi yang terdapat di daerah tersebut, ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut ;

a. Sumberdaya alam / sumber produksi

b. Banyaknya penduduk

c. Kemampuan menyelenggarakan teknik produksi

Rumus :

Keterangan :

K = tingkat kemakmuran

A = sumberdaya alam

T = tingkat penguasaan teknologi

P = penduduk

Kerapatan penduduk optimum akan tercapai jika nilai P

mengakibatkan nilai K yang setinggi-tingginya. Seangkan T sampai taraf tertentu tergantung pada P, dengan kata lain T dapat maju jika P cukup  besarnya.

SAUVY

Penduduk optimum adalah jumlah penduduk yang paling dapat menjamin pelaksanaan realisasi suatu tujuan, sehingga tercapai suatu kehidupan yang layak.

THOMPSON

Penduduk optimum juga dipengaruhi oleh faktor non ekonomis, seperti : kesejahteraan umum lamanya hidup, besarnya jumlah keluarga yang ideal, pelestarian sumberdaya alam, pertahanan, faktor spiritual, kultural dan estetika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.