Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Teori Belajar Sosial

Teori Belajar Sosial

  • oleh

Menurut teori belajar sosial, prasangka adalah sesuatu yang dipelajari seperti halnya individu belajar nilai-nilai sosial yang lain. Prasangka biasanya diperoleh anak-anak melalui proses sosialisasi.

Anak-anak banyak yangmenginternalisasikan  norma-norma  mengenai  stereotipe  dan  perilaku  antar kelompok yang ditetapkan oleh orang tua dan teman sebaya. Selain dari orang tua dan teman sebaya, media massa juga menjadi sumber anak untuk mempelajari stereotipe dan prasangka.

Contoh dari teori belajar sosial adalah di Amerika, banyak anak kulit putih yang mungkin melihat  tuanya bersikap diskriminatif terhadap individu kulit hitam, mendengar ucapan-ucapan orang tuanya yang meremehkan kulit hitam, dan melarang anaknya untuk bermain dengan anak-anak kulit hitam.

Dalam  perkembangan  selanjutnya,  mereka  akan  mendengar  pembicaraan teman-teman sebayanya yang mengatakan bahwa individu kulit hitam adalah jelek dan mereka akan dikucilkan jika kelihatan bermain dengan kulit hitam. Orang tua mereka juga menekankan cerita-cerita yang mengatakan individu kulit hitam merupakan pelanggar hukum. Sehingga dari kejaadian-kejadian tersebut anak diajarkan untuk berprasangka terhadap individu kulit hitam. Anak-anak memiliki model orang tua dan teman sebaya yanag berprasangka dan juga menghukum jika ia bermain dengan individu kulit hitam.dengan demikian anak belajar untuk membenci kulit hitam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.