Lompat ke konten
Home » Kehutanan » Suksesi dalam Komunitas Hewan

Suksesi dalam Komunitas Hewan

  • oleh

Selama ini pembahasan tentang suksesi lebih terfokus pada tumbuhan, tetapi suksesi sebenarnya terjadi pada ekosistem, tidak hanya pada komunitas tumbuhan. Pada komunitas hewan dan organisme mikro yang ada di bawah tanah mengalami perubahan yang parallel dengan perubahan yang terjadi pada tingkat seral tumbuhan.

Masing masing seral komunitas tumbuhan berasosiasi dengan kelompok tertentu dari bunmg dan hewan lainnya. Hal ini menjadi pengetahuan para pemburu binatang. Pada tingkat seral awal, sebagian besar biomasa muda dan hijau, mudah dicerna oleh hewan, dan menjadi tempat merumput herbivora, cenderung mendukung terjadinya produktivitas sekunder yang lebih tinggi dan biomas herbivora serta berasosiasi dengan karnivora daripada pada seral akhir dan tingkat klimaks.

Dengan membahas stabiitas dan keseimbangan ekosistem berdasarkan proses suksesi sebenarnya akan menjadi kelengkapan informasi yang fundamental dalam pengelolaan yang sukses terhadap ekosistem, yaitu dengan cara mengenal bagaima mempertahankan tingkat suksesi agar tetap terjaga tujuan komersial, social dan lingkungannya secara berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.