Lompat ke konten
Home » Arsitektur » Spillback Tank dan Presure Reducer Valve (PRV, katup reduksi tekanan)

Spillback Tank dan Presure Reducer Valve (PRV, katup reduksi tekanan)

  • oleh
  • Oktober 7, 2020Oktober 7, 2020

Spillback Tank

adalah tangki pembantu yang diletakkan pada setiap lantai tertentu. Tiap tangki dilengkapi dengan katup pengendali tekanan. Bila tekanan air tinggi maka katup akan menutup. Hal terpenting dalam sistem tangki atap ini adalah menentukan letak tangki tersebut apakah dipasang dalam langit-langit, di atas atap, atau dipasang dalam menara khusus. Penentuan ini harus didasarkan pada jenis alat plumbing yang terpasang pada lantai tertinggi bangunan dan yang menentukan tekanan kerja tertinggi.

Prinsip Kerja Spillback Tank ini adalah sebagai berikut:

  1. Air yang telah dipompakan dalam spill back tank yang ada pada beberapa lantai sehingga udara di dalamnya terkompresi.
  2. Air dalam tangki tersebut dialirkan dalam sistem distribusi bangunan. Pompa diatur secara otomatis oleh suatu detektor yang menggerakkan saklar motor listrik penggerak pompa.
  3. Pompa berhenti bekerja kalau tekanan tangki telah mencapai batas maksimum yang ditetapkan dan bekerja kemabali setelah tekanan tangki mencapai suatu batas minimum yang telah ditetapkan pula. Daerah fluktuasi tekanan ini biasanya ditetapkan antara 1,0-1,5 kg/cm
Gambar : DOWN FEED SYSTEM dengan SPILL BACK TANK

Presure Reducer Valve(PRV, katup reduksi tekanan)

Pada jumlah lantai yang relatif banyak, ada kemungkinan tekanan dalam pipa sangat tinggi sehingga perlu direduksi dengan katup (valve). Katup-katup tersebut diletakkan pada beberapa lantai tertentu.

Gambar: DOWN FEED SYSTEM dengan PRESSURE REDUCER VALVE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.