Lompat ke konten
Home » Teknik Sipil » Sistem Hidrologi

Sistem Hidrologi

  • oleh

Proses yang terjadi pada daur hidrologi sebenarnya merupakan fenomena yang sangat kompleks yang tidak mungkin secara keseluruhan dapat dipahami secara detil. Sebagai bagian dan ilmu pengetahuan, fenomena hidrologi dapat direpresentasikan dengan penyederhanaan menggunakan konsep sistem. Suatu sistem  dapat diartikan suatu kumpulan bagian-bagian yang terkait sam dengan yang lain dan       embentuk

sebuah kesatuan. Daur hidrologi dapat dipandang sebagai sebuah sistem dengan beberapa komponen seperti hujan, evaporasi, limpasan dan fase lain yang tercakup dalam proses daur hidrologi. Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan ke dalam beberapa buah subsistem yang dapat dianalisis secara terpisah antara subsistem yang sam dengan yang lain. Untuk kemudahan prosedur anal sis secara keseluruhan, hasil analisis terhadap masing-masing su bsistem dapat digabungkan dengan memperhatikan sifat interaksi antar sub sistem.

Gambar dibawah menyajikan representasi sistem hidrologi secara global yang tersusun darei 3 sub sistem, yaitu subsistem air atmosfir (atmospheric water), air permukaan (surface water) dan ir bawah permukaan (subsurface water).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.