Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Siapa Yang Menggunakan Bibliotherapy

Siapa Yang Menggunakan Bibliotherapy

  • oleh
  • Juni 3, 2021Juni 3, 2021

Pardeck & Pardeck (1987) melaporkan bahwa diantara profesional pemberi bantuan, yang paling sedikit menggunakan bibliotherapy adalah pekerja sosial. Pardeck & Pardeck (1987) menyimpulkan bahwa konselor sekolah mengenal baik bibliotherapy, yang direfleksikan melalui karya-karya yang dipublikasikan dalam dua jurnal utama konseling, yaitu School Counselor dan Elementary School Guidance and Counseling.

Studi tambahan menunjukkan bahwa bibliotherapy secara meluas digunakan oleh konselor, psikolog, psikiater, dan dokter medis. Atwater & Smith (1987) menemukan penggunaan intensif bibliotherapy oleh konselor.

Smith & Burkhalter (1987) menemukan bahwa makin berpengalaman seorang terapis, makin banyak ia menggunakann bibliotherapy dalam praktiknya. Starker (1986) melaporkan bahwa diantara 487 orang praktisi yang disurvey di kota metropolitan di Amerika Serikat, 88% psikolog, 59% psikiater, dan 88% dokter medis menyatakan menggunakan bibliotherapy dalam praktik mereka.

Starker (1988) dalam suatu studi nasional menemukan bahwa hampir 60% psikolog kadang-kadang menggunakan bibliotherapy dalam praktik sedangkan 24% sering menggunakan.

Sebagai kesimpulan, bibliotherapy merupakan teknik treatment yang populer diantara para profesional pemberi bantuan, termasuk konselor, psikolog, dan psikiater. Sedangkan pekerja sosial kurang menggunakan teknik bibliotherapy ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.