Lompat ke konten
Home » Teknik Informatika » Sejarah dan Tahap Perkembangan Komputer

Sejarah dan Tahap Perkembangan Komputer

  • oleh

Bagi kebanyakan orang, komputer adalah mesin yang digunakan untuk penghitungan atau penghitungan, namun sebenarnya lebih dari itu. Tepatnya komputer adalah perangkat elektronik untuk melakukan operasi aritmatika dan logika. Atau “Komputer adalah perangkat atau mesin yang fleksibel untuk memproses data dan mengubahnya menjadi informasi.” Untuk mengetahui tentang proses lengkap bagaimana komputer bekerja, kita harus menemukan berbagai istilah seperti Data, Pengolahan dan Informasi.

Pertama-tama kita harus memahami istilah-istilah ini dalam arti yang sebenarnya.

1. DATA tidak lain adalah kumpulan fakta dan angka dasar tanpa urutan apapun. Jika data yang dikumpulkan berupa fakta dan angka, saat itu tidak ada artinya, misalnya nama mahasiswa, nama karyawan, dll.

2. PEMROSESAN adalah serangkaian instruksi yang diberikan oleh pengguna atau data terkait untuk menghasilkan informasi yang berarti. Manakah yang dapat digunakan oleh pengguna? Pekerjaan pemrosesan dapat berupa perhitungan, perbandingan, atau keputusan yang diambil oleh komputer.

3. INFORMASI adalah titik akhir atau hasil akhir dari setiap pekerjaan yang diproses. Ketika data keluaran berarti itu disebut informasi.

Sejarah Perkembangan Komputer Dibagi Menjadi Beberapa Tahap diantaranya adalah :

1. THE ABACUS (Sempoa)

Image by : https://wikieducator.org

Abacus dikenal sebagai alat hitung mekanis pertama. Manakah yang biasa melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan mudah dan cepat? Perangkat ini adalah Ed yang dikembangkan pertama oleh orang Mesir pada abad ke-10 SM, tetapi diberi bentuk akhir pada abad ke-12 M oleh para pendidik Cina. Sempoa terbuat dari rangka kayu dengan batang yang dipasang melintang dengan manik-manik bundar yang meluncur pada batang. Itu terbagi menjadi dua bagian yang disebut ‘Surga’ dan ‘Bumi’. Surga adalah bagian atas dan Bumi adalah bagian bawah. Jadi tidak ada. dapat diwakili dengan menempatkan manik-manik di tempat yang tepat.

2. NAPIER’S BONES

Image by : https://wikieducator.org

Sesuai dengan tuntutan kebutuhan, ilmuwan mulai menciptakan alat hitung yang lebih baik. Dalam proses demikian John Napier dari Skotlandia menemukan alat hitung, pada tahun 1617 disebut Napier Bones. Di perangkat, Napier menggunakan batang tulang dari tujuan penghitungan di mana beberapa tidak. dicetak pada batang ini. Batang-batang inilah yang seseorang dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan mudah.

3. PASCAL’S CALCULATOR (Kalkulator Pascal)

Image by : https://wikieducator.org

Pada tahun 1642, Blaise Pascal seorang ilmuwan Perancis menemukan mesin penjumlahan bernama kalkulator Pascal, yang merepresentasikan posisi digit dengan bantuan roda gigi di dalamnya.

4. KALKULATOR LEIBNZ (Kalkulator Leibnz)

Image by : https://wikieducator.org

Pada tahun 1671, seorang matematika Jerman, Gottfried Leibniz memodifikasi kalkulator Pascal dan dia mengembangkan sebuah mesin yang dapat melakukan berbagai perhitungan berdasarkan perkalian dan pembagian juga.

5. ANALYTICAL ENGINE (Mesin Analisis)

Image by : https://wikieducator.org

Pada tahun 1833, seorang ilmuwan dari Inggris yang bernama Charles Babbage menemukan mesin seperti itu. Mana yang dapat menyimpan data kita dengan aman? Perangkat ini disebut mesin Analitik dan dianggap sebagai komputer mekanis pertama. Ini termasuk fitur yang digunakan dalam bahasa komputer saat ini. Untuk penemuan komputer yang hebat ini, Sir Charles Babbage juga dikenal sebagai bapak komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.