Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

  • oleh

Persamaan Akuntansi adalah dasar dari akuntansi entri ganda karena menunjukkan bahwa semua aset dibiayai dengan meminjam uang atau membayar dengan uang pemegang saham bisnis. Sedangkan Neraca adalah tampilan yang lebih rinci dan kompleks dari persamaan akuntansi.

Ini menunjukkan bahwa total aset bisnis sama dengan total kewajiban dan ekuitas pemegang saham. Dengan kata lain, semua penggunaan modal (aset) sama dengan semua sumber modal (utang: kewajiban dan ekuitas).

Rumus persamaan akuntansi adalah Aset = Kewajiban + Ekuitas.

Cara lain untuk melihat persamaan itu adalah:

Ekuitas pemegang saham = Aset – Kewajiban

Persamaan Akuntansi sering disebut Persamaan Dasar Akuntansi.

Tiga Elemen dalam Rumus Persamaan Akuntansi

Jadi sekarang kita sudah tau kalau Rumus Persamaan Akuntansinya adalah: Aset = Kewajiban + Ekuitas

Jadi, mari kita lihat setiap elemen persamaan akuntansi.

Aktiva

Bagian pertama dari persamaan akuntansi adalah aset. Aset adalah sesuatu yang bernilai yang dimiliki oleh sebuah bisnis.

Ada berbagai kategori aset bisnis termasuk aset jangka panjang, aset modal, investasi, dan aset berwujud. Mereka diperoleh dengan meminjam uang dari pemberi pinjaman, menerima uang tunai dari pemilik dan pemegang saham atau menawarkan barang atau jasa.

Aset bisnis saat ini termasuk uang tunai dan piutang, sedangkan aset jangka panjang termasuk wesel tagih. Barang-barang seperti pabrik, properti dan peralatan dianggap sebagai aset modal. Sekuritas yang dimiliki oleh perusahaan seperti saham dan obligasi disebut investasi. Aset tidak berwujud yang ditemukan di neraca perusahaan termasuk merek dagang, goodwill, paten dan hak cipta.

Persamaan akuntansi menyatakan bahwa jumlah aset harus sama dengan kewajiban ditambah pemegang saham atau ekuitas pemilik.

Kewajiban

Bagian kedua dari persamaan akuntansi adalah kewajiban. Kewajiban yang terutang kepada perusahaan dan orang lain dianggap sebagai kewajiban dan dapat dikategorikan sebagai kewajiban lancar dan jangka panjang.

Jatuh tempo dalam tahun tersebut, kewajiban lancar di neraca termasuk hutang usaha, hutang gaji atau gaji dan hutang pajak. Kewajiban jangka panjang biasanya terutang kepada lembaga pemberi pinjaman dan termasuk wesel bayar dan kemungkinan pendapatan diterima di muka.

Pendapatan diterima di muka dari uang yang belum Anda terima untuk layanan atau produk yang belum Anda kirimkan dianggap sebagai kewajiban.

Ekuitas pemegang saham

Bagian ketiga dari persamaan akuntansi adalah ekuitas pemegang saham. Pendapatan yang dapat diklaim oleh pemegang saham perusahaan setelah hutang dibayarkan adalah Ekuitas Pemegang Saham.

Ekuitas Pemegang Saham sama dengan total aset bisnis dikurangi total kewajibannya. Ini dapat ditemukan di neraca dan merupakan salah satu metrik terpenting bagi analis untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan.

Ekuitas Pemegang Saham mewakili nilai bersih atau nilai buku suatu bisnis.

Jadi kesimpulannya adalah Persamaan Akuntansi adalah formula penting untuk dipahami dan dipertimbangkan dalam hal kesehatan keuangan bisnis Anda. Persamaan akuntansi adalah faktor di hampir setiap aspek akuntansi bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.