Lompat ke konten
Kategori Home » Statistik » Rumus dan Cara Mencari Effect Size

Rumus dan Cara Mencari Effect Size

Effect Size adalah konsep statistik yang mengukur kekuatan hubungan antara dua variabel pada skala numerik. Misalnya, jika kita memiliki data tentang tinggi pria dan wanita dan kita melihat bahwa rata-rata pria lebih tinggi daripada wanita, perbedaan antara tinggi pria dan tinggi wanita dikenal sebagai ukuran efek.

Semakin besar ukuran efek, semakin besar perbedaan tinggi antara pria dan wanita. Ukuran efek statistik membantu kita dalam menentukan apakah perbedaan itu nyata atau karena perubahan faktor. Dalam pengujian hipotesis, ukuran efek, kekuatan, ukuran sampel, dan tingkat signifikansi kritis saling terkait.

Dalam Meta-analisis, ukuran efek berkaitan dengan studi yang berbeda dan kemudian menggabungkan semua studi menjadi satu analisis. Dalam analisis statistik, ukuran efek biasanya diukur dengan tiga cara:

(1) perbedaan rata-rata standar,

(2) rasio ganjil,

(3) koefisien korelasi.

Jenis Jenis Rumus Pada effect size

Korelasi Pearson r : Korelasi Pearson r dikembangkan oleh Karl Pearson, dan paling banyak digunakan dalam statistik. Parameter ukuran efek ini dilambangkan dengan r. Nilai effect size dari korelasi Pearson r bervariasi antara -1 sampai +1. Menurut Cohen (1988, 1992), ukuran efek rendah jika nilai r bervariasi sekitar 0,1, sedang jika r bervariasi sekitar 0,3, dan besar jika r bervariasi lebih dari 0,5. Korelasi Pearson dihitung menggunakan rumus berikut:

Dimana :

r = koefisien korelasi

N = jumlah pasangan skor

∑xy = jumlah produk dari skor berpasangan

∑x = jumlah nilai x

∑y = jumlah nilai y

∑x2= jumlah kuadrat x skor

∑y2= jumlah kuadrat y skor

Rumus Perbedaan rata-rata terstandarisasi

Jika suatu penelitian didasarkan pada rata-rata populasi dan simpangan baku, maka metode berikut digunakan untuk mengetahui ukuran efek:

Ukuran efek populasi dapat diketahui dengan membagi dua perbedaan rata-rata populasi dengan standar deviasinya.

Rumus Ukuran efek Cohen’s d:

Cohen’s d dikenal sebagai selisih dua rata-rata populasi dan dibagi dengan simpangan baku dari data. Secara matematis ukuran efek Cohen dilambangkan dengan:

1 tanggapan pada “Rumus dan Cara Mencari Effect Size”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *