Lompat ke konten
Home » Teknik Informatika » Proses Dalam Pengembangan Buku Digital

Proses Dalam Pengembangan Buku Digital

  • oleh

Di era digital ini, sebuah penerbit berada dalam posisi untuk menjangkau audiens di berbagai perangkat dan platform digital dan mengemas produk mereka dengan cara yang semakin kreatif. Sebuah cerita dapat dihidupkan melalui buku digital, game, aplikasi seluler, dan banyak lagi.

Salah satu bentuk format buku digital adalah .Epub .PDB.PDF.XMl.HTML.AZW .Dan Format Lainnya

Saluran ini menawarkan cara ampuh untuk memonetisasi konten, membuat pemirsa setia, dan tetap kompetitif dalam lanskap media seluler. Tetapi bagaimana tepatnya sebuah penerbit dapat mendekati proses pengembangan buku digital ?

Proses pengembangan buku digital dapat dilakukan dengan cara :

1. Proses Penelitian

Penting untuk membedakan buku digital mana yang cocok untuk tujuan apa. Beberapa dalam portofolio mungkin terbaik sebagai aplikasi ‘freemium’ pengumpan konten, seperti buku masakan dan panduan kesehatan, sementara yang lain dapat berfungsi dengan baik sebagai buku digital interaktif, seperti buku anak-anak, buku pembelajaran, dan novel pendek. Menganalisis persaingan juga akan membantu menentukan keberhasilan sebuah buku digital, dan mensurvei pendapat audiens Anda yang ada juga membantu. Teliti berbagai platform dan pasar (Android, iOS, Kindle, dll.), ditambah waktu dan investasi moneter yang diperlukan.

2. Proses Memahami Teknologi

Sebelum Anda terjun ke dalam membangun dan mengembangkan produk platform tertentu, Anda perlu memahami manfaat dan keterbatasan teknologi tertentu. Template dan bahasa pengkodean yang berbeda cocok untuk perangkat yang berbeda, dan beberapa lebih dapat ditransfer daripada yang lain saat memperluas ke perangkat lain.

3. Proses Bangun Tim dan Produk

Setelah rencana selesai, saatnya untuk membangun tim. Mempekerjakan tim teknis internal berisiko untuk memulai, jadi seringkali lebih baik untuk mencari desainer dan programmer lepas untuk meminimalkan komitmen jangka panjang. Temukan ini di situs-situs seperti Upwork dan PeoplePerHour, atau mintalah rekomendasi dari rekan Anda. Anda akan membutuhkan manajer proyek juga. Idealnya, mereka akan didedikasikan untuk proyek dan memiliki pengalaman yang relevan dalam manajemen proyek pada produk atau situs web digital. Ingat, ebook interaktif yang rumit akan memakan waktu lebih lama untuk dibuat daripada aplikasi seluler Android freemium. Tetapkan rentang waktu proyek yang realistis sesuai dengan produk, sediakan ruang dalam anggaran untuk cegukan, dan bangun sesuatu yang indah.

4. Proses Pengujian dan Rilis

Setelah proyek selesai, saatnya untuk pengujian komprehensif sebelum rilis. Meskipun baik bagi tim internal untuk menemukan hambatan, ada baiknya meminta bantuan spesialis independen untuk melakukan pengujian teknis yang lebih rinci. Orang-orang di Testbirds adalah pilihan yang semakin populer, tetapi ada pilihan lain seperti Tepuk Tangan, TestElf, dan banyak lagi. Akan ada beban pengujian baru yang diselesaikan setelah rilis, ketika pengguna mendapatkan produk mereka.

5. Proses Promosi

Pekerjaan tidak selesai saat produk dirilis ke pasar buku digital. Promosi adalah kuncinya, dan ini melibatkan pemanfaatan audiens yang sudah ada dan audiens baru. Pastikan daftar email dan pengikut media sosial Anda yang ada diinformasikan, dan tawarkan insentif dan rute mudah bagi mereka untuk mengunduh. Selanjutnya, pertimbangkan penganggaran untuk iklan Facebook dan Twitter, karena kemampuan penargetan tidak ada duanya. Untuk aplikasi khususnya, Anda memerlukan beberapa keterampilan ASO (pengoptimalan toko aplikasi). Kiat utama di sini adalah: sertakan kata kunci utama Anda di paragraf pertama deskripsi, tambahkan terjemahan, dan sertakan tangkapan layar. Berikut panduan lengkapnya.

6. Proses Pengukuran dan Pengambilan Tindakan

Jarang ada suatu produk yang sukses saat pertama kali masuk ke pasar termasuk buku digital, tetapi bahkan jika produk Anda bekerja dengan sangat baik, ada baiknya untuk mengetahui alasannya. Pantau perilaku pengguna melalui analitik toko aplikasi standar, atau instal perangkat lunak analitik pihak ketiga seperti Flurry, Google Analytics untuk Aplikasi Seluler, atau APSALAR semuanya gratis. Minta ulasan pengguna dalam aplikasi dan berikan insentif kepada pengguna untuk menghubungi Anda tentang apa yang dapat ditingkatkan. Gunakan info ini untuk menginformasikan keputusan di masa mendatang, dan untuk merilis pembaruan dengan gegap gempita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.