Lompat ke konten
Kategori Home » Farmasi » PRODUKSI RADIONUKLIDA

PRODUKSI RADIONUKLIDA

  • oleh

Tahun 1896 Becquerel menemukan radioaktivitas alami dalam potasium uranil sulfat. Sejak itu, Piere dan Marie Curie, E.Rutherford, dan F.Soddy membuat semua kemajuan besar dalam penemuan dari elemen radioaktif yang lain. Kerja dari saintis ini telah menunjukkan bahwa semua elemen yang ditemukan di alam dengan nomor atom lebih besar dari 83 (bismeth) adalah radioaktif.

Tiruan radioaktivitas pertama kali dilaporkan oleh I. Curie dan F. Joliot (1934). aintis ini mengiradiasi Boron dan Alumunium target dengan partikel α dan palonium dan mendapatkan Positron diemisikan dari target bahkan setelah dilepas dari sumber partikel α. Penemuan ini memacu atau meniru radioakivitas membuka cabang bidang Baru yang sangat penting.

Sekitar waktu yang sma, penemuan cyclotron, neutron, dan deuteron oleh berbagai saintis menambah produksi dari banyak lagi artifisial radioaktivitas. Sekarang, lebih dari 1500 radionuklida telah diproduksi secara artifisial dalam cyclotron, reaktor, generator neutron, atau linier aselerator.

Radionuklida yang digunakan dalam kedokteran nuklir adalah lebih artifisal, mereka pertama diproduksi dalam cyclotron atau reaktor tergantung pada partikel iradiasi, energinya dan inti target.

Selama mereka sangat mahal, fasilitas ini hanya baik dalam jumlah terbatas institusi. Institusi ini bisa mensuplay ke institusi jauh yang tidak memiliki fasilitas untuk memproduksinya. Dalam beberapa instansi, cyclotron atau reaktor memfasilitasi sel radionuklida untuk suplier perdagangan, yang selanjutnya untuk institusi yang kecil dan jauh.

Radionuklida yang sangat pendek hidup hanya baik dalam institusi yang mempunyai cyclotron atau fasilitas reaktor. Mereka tidak bisa mensuplay ke institusi jauh atau rumah sakit sebab dia cepat meluruh. Untuk fasilitas jauh, maka ada sumber kedua dari radionuklida, terutama yang hidupnya-pendek, yang disebutnya radionuklida generator atau “cow”.

Dalam radiogenerator, nuklida induk hidup panjang diabsorbsi apada absorbent material dan nuklida anak hidup pendek dipisahkan dengan elusi kimia dengan solven tertentu. Generator ini sangat berguna dalam kedokteran nuklir dan akan didiskusikan nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *