Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Pihak Yang Memerlukan Neraca Suatu Perusahaan

Pihak Yang Memerlukan Neraca Suatu Perusahaan

  • oleh

Salah satu bentuk laporan finansial perusahaan adalah neraca perusahaan (balance sheet) dan neraca laba rugi (profit and loss statement). Dari  laporan ini dapat dilakukan analisis yang mencakup kesehatan perusahaan. Kesehatan perusahaan perlu diketahui oleh beberapa pihak antara lain:

a.  Pihak manajemen perusahaan

Kepentingan manajemen perusahaan adalah untuk mengetahui dan menilai sampai seberapa jauh kinerja perusahaan dalam bentuk ukuran (standar) finansial.

Kinerja perusahaan merupakan hasil kerja dan seluruh. bagian dalam organisasi perusahaan: perencanaan, produksi, logistik, teknik, pemasaran, personalia dan lain sebagainya.

b.  Pihak Pemerintah

Pihak pemerintah mempunyai kepentingan dalam hubungannya dengan pendapatan pemerintah dan sektor pajak yang harus dibayar oleh perusahaan, antara lain pajak dan laba perusahaan. Apabila kinerja perusahaan baik sehingga mendapatkan laba cukup besar, maka pajak yang masuk ke pemerintah menjadi lebih besar.

c. Kreditur (Bank)

Apabila   perusahaan   sehat   berarti   mempunyai   kemampuan   dalam mengembalikan atau membayar kewajiban hutang dan bunganya kepada para kreditur (bank). Secara sikius, bank juga mempunyai kewajiban memberikan bunga kepada para nasabah (bunga deposito bank).

d. Pemegang Saham

Perusahaan  yang  sehat  mampu  memberikan  laba  yang  cukup,  dan selanjutnya setelah dipotong pajak maka laba yang ada akan memberikan peluang untuk dibagi kepada para pemegang saham dalam bentuk deviden. Pemegang saham mempunyai kepentingan mendapatkan deviden dalam jumlah yang besar.

Dari segi karyawan perusahaan semestinya perusahaan yang sehat akan memberi peluang kepada karyawan untuk mendapatkan jasa produksi, bonus, premi dan sebagainya mencakup kesejahteraan karyawan, bahkan apabila memungkinkan kepada karyawan diberi hak untuk mendapatkan saham. Apabila karyawan merasa ikut memiliki perusahaan diharapkan loyalitas dan kinerja karyawan akan semakin  produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.