Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Perputaran modal kerja

Perputaran modal kerja

  • oleh
  • Februari 24, 2021Februari 24, 2021

Modal kerja selalu dalam keadaan operasi atau berputar dalam perusahaan selama perusahaan yang bersangkutan dalam keadaan usaha. Periode perputaran modal kerja (working capital turnover period) dimulai dan saat di mana kas dalam komponen-komponen modal kerja sampai saat di mana kembali lagi menjadi kas.

Makin pendek periode tersebut berarti makin cepat perputarannya atau makin tinggi tingkat perputarannya (turnover rate-nya). Berapa lama periode perputaran modal kerja adalah tergantung kepada berapa lama periode perputaran dan masing-masing komponen dan modal kerja tersebut.

Untuk suatu unit perusahaan hutan dengan asumsi kegiatan kelestarian telah dilaksakan maka modal kerja diperlukan untuk melaksanakan kegiatan sedangkan kas merupakan sesuatu yang tidak mempunyai hubungan pengaruh langsung khususnya terhadap faktor waktu.

Didalam praktek dapat terjadi pada suatu bulan tertentu hanya terjadi pembelanjaan modal kerja dan pada bulan tersebut tidak ada penjualan kayu sehingga tidak ada aliran kas masuk. Di dalam keadaan tertentu untuk menjamin ketelitian pengaturan modal kerja cukup dengan tata waktu bulan, mungkin harus dalam mingguan (misalnya apabila gaji atau upah dibayar mingguan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.