Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Perputaran Dana yang Dilnvestasikan datam Aktiva Tetap

Perputaran Dana yang Dilnvestasikan datam Aktiva Tetap

  • oleh

Dana   yang   ditanamkan   dalam   aktiva   tetap   seperti   halnya   dana yang diinvestasikan   dalam   aktiva   lancar   juga  mengalami   proses  perputaran. Secarakonseptual sebenamya tidak ada perbedaannya antara investasi dalam aktiva tetap dengan investasi dalam aktiva lancar.

Perusahaan mengadakan inves asi dalam inventoiy, piutang dan lain-lain adalah dengan harapan bahwa perusahaan akan dapat memperoleh kembali dana yang telah diinvestasikan dalam aktiva tersebut. Demikian pula halnya apabila perusahaan mengadakan investasi dalam aktiva tetap, adalah juga dengan harapan yang sama dengan investasi dalam aktiva lancar, yaitu bahwa perusahaan akan dapat memperoleh kembali dana yang ditanamkan dalam aktiva tetap tersebut.

Tetapi perputaran dana yang tertanam pada kedua aktiva itu adalah berbeda, yaitu investasi dalam aktiva lancar itu diharapkan akan dapat diterima kembali dalam waktu dekat dan secara se paling lama satu tahun. Saligus, yaitu dalam waktu satu hari, satu minggu atau baliknya investasi dalam mesin, bangunan-bangunan, kendaraan dan lain sebagainya, dana yang tertanam di dalamnya akan diterima kembali keseluruhannya oleh perusahaan dalam waktu beberapa tahun, dan kembalinya secara berangsur-angsur melalui depresiasi.

Dengan demikian pe bedaan antara investasi dalam aktiva tetap dan aktiva lancar adalah terletak dalam soal “waktu” dan “cara perputaran” dana yang tertanam di dalamnya. Perputaran dana yang diinvestasikan dalam aktiva lancar dapat digambarkan sebagai berikut:

Kas > Aktiva lancar >  Kas

Perputaran dana yang diinvestasikan dalam aktiva tetap dapat digambarkan sebagai berikut :

Jumlah dana yang diinvestasikan dalam aktiva tetap tidak sama jurmlahnya selama periode investasi atau selama umur penggunaan aktiva tetap tersebut. Jumlahdana yang terikat dalam akti a tetap akan berangsur-angsur berkurang sesuai dengan metode depresiasi yang digunakan. Apabila digunakan straight line m dengan persentase tetap dan harga beli, perjalanan dan dana yang terta aktiva tetap secara individual dapat digambarkan sebagai berikut:

Gambar Perputaran dana yang tertanam dalam aktiva tetap secara individual

Grafik tersebut menggambarkan perjalanan atau perputaran dana yang diinvestasikan dalam aktiva tetap dengan harga pembelian Rp. 100.000,00 dengan umur penggunaan selama 10 tahun tanpa nilai residu (salvage value). tersebut kita dapat melihat bahwa dana yang ditanamkan dalam aktiva tetap

Dari grafik p tersebut setiap tahunnya berkurang secara konstan dengan jumlah Rp. 10.000.00 sebagai depresiasi. Pada permulaan tahun ke-1 atau pada saat pembelian dana yang tertanam sebesar Rp100.000,00 kemudian pada akhir tahun penama tinggal Rp.90.000,00 akhir tahun kedua tinggal Rp.80.000,00 demikian seterusnya sehingga pada akhir tahun kesepuluh jumlah dana keseluruhan yang ditanamkan dalam aktiva tetap sebesar Rp 100.000,00 telah bebas semuanya. Oleh karena dana yang diinvestasikan dalamaktiva tetap selama waktupenggunaannya tidak tetap sama. Yaitu mulai dan RplOO.000,00 pada saat pembelian sampai Rp 0,00 pada akhir tahun kesepuluh,maka dapat dikatakan bahwa dana rata-rata yang ditanamkan dalam aktiva tetap tersebut selama 10 tahun apabila menggunakan metode depresi straight line adalah Rp50.000,00 yaitu:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.