Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Permintaan Potensial dan Permintaan Efektif

Permintaan Potensial dan Permintaan Efektif

  • oleh

Permintaan Pasar terdiri dari penjual dan pembeli. Penjual memiliki persediaan barang, dan pembeli memiliki persediaan uang. Jika harga cocok, penjual dan pembeli setuju untuk melakukan perdagangan. Jumlah minat pembeli yang ada pada tingkat harga tertentu disebut permintaan. Pada harga rendah, permintaan tinggi karena banyak pembeli yang ingin menawar. Pada harga tinggi, permintaan rendah karena pembeli lebih suka menyimpan uang mereka atau membelanjakannya untuk hal lain.

1. Permintaan Efektif

Permintaan efektif adalah istilah yang digunakan ekonom untuk merujuk pada permintaan aktual yang ada di pasar. Dengan kata lain, permintaan efektif ada ketika pembeli memiliki keinginan dan kemampuan untuk membeli suatu produk. Jadi permintaan efektif mobil sport dapat diukur dengan jumlah sebenarnya mobil sport yang dijual pada harga tertentu selama periode tertentu.

Mengetahui apa yang diinginkan pelanggan Anda secara abstrak tidak membantu seperti mengetahui apa yang sebenarnya ingin mereka beli pada tingkat harga tertentu, jadi konsep permintaan nosional tidak berguna bagi sebagian besar pemilik usaha kecil. Memprediksi permintaan efektif, di sisi lain, dapat membantu Anda merampingkan bisnis Anda dan memaksimalkan keuntungan.

Misalnya, jika pemilik restoran secara akurat mengukur berapa banyak pelanggan yang akan datang setiap minggu dengan harga menunya saat ini, dia dapat membeli bahan yang cukup untuk memenuhi permintaan dan dengan demikian mengurangi pemborosan dan overhead.

Tentu saja, prediksi yang akurat sulit dilakukan, tetapi bahkan prediksi yang dekat dapat membantu pemilik bisnis mempertahankan pasokan yang cukup untuk permintaan yang efektif sambil menjaga biaya serendah mungkin.

2. Permintaan Potensial

Permintaan potensial adalah suatu kemampuan untuk membeli akan tetapi tidak melaksanakan suatu pembelian dengan segera.

Mengetahui apa yang diinginkan pelanggan Anda secara abstrak tidak membantu seperti mengetahui apa yang sebenarnya ingin mereka beli pada tingkat harga tertentu, jadi konsep permintaan nosional tidak berguna bagi sebagian besar pemilik usaha kecil. Memprediksi permintaan efektif, di sisi lain, dapat membantu Anda merampingkan bisnis Anda dan memaksimalkan keuntungan. Misalnya, jika pemilik restoran secara akurat mengukur berapa banyak pelanggan yang akan datang setiap minggu dengan harga menunya saat ini, dia dapat membeli bahan yang cukup untuk memenuhi permintaan dan dengan demikian mengurangi pemborosan dan overhead. Tentu saja, prediksi yang akurat sulit dilakukan, tetapi bahkan prediksi yang dekat dapat membantu pemilik bisnis mempertahankan pasokan yang cukup untuk permintaan yang efektif sambil menjaga biaya serendah mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.