Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Peranan Sistem Informasi Akuntansi dalam Suatu Organisasi /Perusahaan /Instansi

Peranan Sistem Informasi Akuntansi dalam Suatu Organisasi /Perusahaan /Instansi

  • oleh

Adapun peranan sistem informasi akuntansi dalam suatu organisasi/instansi/perusahaan diantaranya adalah :

  1. Analisis Persyaratan Terperinci: Dalam hal ini, semua pengguna akhir sistem informasi akuntansi diperiksa dengan pertanyaan, untuk memastikan bahwa sistem sepenuhnya dipahami, termasuk dokumentasi lengkap yang dikumpulkan.
  2. Desain Sistem: Setelah analisis rinci, sistem baru terbentuk. Sistem ini dirancang sedemikian rupa sehingga menggabungkan pengendalian internal yang relevan untuk memberikan manajemen informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan penting bagi organisasi.
  3. Dokumentasi: Selama sistem dibuat, dipastikan bahwa data didokumentasikan dengan baik. Dokumentasi rinci menyediakan pengguna dengan instruksi yang akurat mengenai sistem baru. Dokumentasi memainkan peran penting dan digunakan untuk pengujian dan pelatihan sebelum meluncurkan sistem.
  4. Pengujian: Proses diuji sebelum meluncurkan sistem. Dokumentasi yang dikumpulkan memastikan proses didokumentasikan dengan baik dan prosedur diikuti. Fase ini dianggap sebagai tahap “coba-coba”. Pada tahap ini, beberapa modifikasi sistem dapat dilakukan. Pastikan bahwa semua proses diuji.
  5. Pelatihan: Semua staf diberikan pelatihan untuk menerapkan perubahan sesuai perangkat lunak AIS. Juga, pada tahap ini staf dapat memberikan masukan yang lebih baik untuk memperbaiki sistem. Karena mereka hanya akan menggunakannya.
  6. Konversi Data: Pada tahap ini, data yang ada ditransfer ke sistem baru. Sebelum mengkonversi data, itu harus diuji dan diverifikasi dengan baik. Dan juga, selalu disarankan untuk memiliki cadangan data pada saat diperlukan untuk memulai ulang. Meluncurkan
  7. Sistem Baru: Seluruh perusahaan harus mengetahui tanggal peluncuran sistem baru. Dan ini akan menjadi waktu yang ideal bagi organisasi untuk beralih dari satu platform ke platform lainnya.
  8. Alat: Perusahaan harus memastikan bahwa semua sumber daya online yang memungkinkan tersedia bagi staf yang terlibat dalam penggunaan sistem informasi Akun yang baru. Perusahaan harus menetapkan tanggung jawab masing-masing dan setiap karyawan yang terlibat dalam sistem ini.
  9. Dukungan: Harus dipastikan bahwa manajemen dan pengguna akhir memiliki dukungan berkelanjutan yang tersedia setiap saat. Karena manajemen tingkat atas bergantung pada SIA untuk memenuhi tujuan keberhasilan organisasi, peningkatan sistem harus terus dipantau dengan segala cara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.