Lompat ke konten
Kategori Home » Arsitektur » Peralatan Listrik

Peralatan Listrik

  • oleh

Termasuk  peralatan  listrik  adalah  semua  alat  yang  dipakai  atau  digunakan  untuk membangkitkan, konversi,  transmisi,  distribusi dan  penggunaan tenaga  listrik. Macam peralatan listrik yang umum digunakan dalam bangunan adalah:

Transformator ,  Switchboard,  Panelboard, Sakelar ,Peralatan pelindung jalur listrik

TRANSFORMATOR

Transformator adalah peralatan yang digunakan untuk merubah atau mengganti tegangan arus bolak-balik, menjadi searah. Jika transformator merubah dengan menaikkan tegangan disebut  sebagai transformator  step-up, sedang  jika  merubah  dengan  menurunkan tregangan disebut transformator step-down. Transformator memiliki dua set terminal, yaitu terminal input (terminal pertama) dan terminal output (terminal kedua).

SWITCHBOARD

Switchboard adalah kumpulan saklar, sekering dan atau pemutus arus yang berdiri terpisah berfungsi untuk merubah / mengalihkan serta memberikan pengamananterhadap beberapa aliran  listrik  yang  dihubungkan  dengan  sumber  energi  utama.  Bisa  berfungsi  dalam pendistribusian, dimana tenaga listrik yang masuk dibagibagi dalam unit-unit kecil dengan pengamanan secukupnya.

PANELBOARD

Pane(board adalah perlengkapan hubung bagi yang pada tempat pelayanannya berbentuk suatu panel atau kombinasi berbagai panel, dari suatu penghantar atau bukan penghantar yang dipasang pada suatu rangka yang diperlengkapi dengan peralatan listrik seperti sakelar, kabel, dsb. yang fungsinya adalah untuk mengontrol dan membagi tenaga listrik atau mengontrol dan melindungi rangkaian dan alat-alat pemakai tenaga listrik. Panel merupakan bagian akhir dari rangkaian pendistribusian tenaga listrik. Setelah dari panel barulah menuju berbagai peralatan pemakai tenaga listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *