Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Pentingnya Kebijakan Sisi Penawaran Oleh Pemerintah

Pentingnya Kebijakan Sisi Penawaran Oleh Pemerintah

  • oleh

Kebijakan sisi penawaran adalah kebijakan pemerintah yang berupaya meningkatkan produktivitas dan efisiensi perekonomian. Mereka dapat melibatkan kebijakan sisi penawaran intervensionis (misalnya pengeluaran pemerintah untuk pendidikan) atau kebijakan sisi penawaran pasar bebas (misalnya mengurangi undang-undang pemerintah)

Tujuan utama ekonomi makro pemerintah meliputi:

  • Pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi
  • Inflasi rendah
  • Pengangguran rendah
  • Ekuilibrium di neraca pembayaran

Seringkali tujuan ini bertentangan satu sama lain. Misalnya, kebijakan fiskal ekspansif dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan pengangguran yang lebih rendah; akan tetapi, hal itu akan menimbulkan biaya inflasi dan penurunan pada neraca berjalan.

Untuk mencapai semua tujuan secara bersamaan, penting untuk meningkatkan sisi penawaran ekonomi. Jika pemerintah dapat meningkatkan produktivitas dan menggeser AS ke kanan, hal itu dapat memungkinkan pertumbuhan inflasi yang rendah dan membantu meningkatkan daya saing perekonomian secara umum.

Batasan utama untuk meningkatkan laju tren jangka panjang pertumbuhan ekonomi adalah pertumbuhan produktivitas (output per pekerja). Kita tidak dapat meningkatkan tingkat tren pertumbuhan jangka panjang melalui kebijakan sisi permintaan. Oleh karena itu, jika pemerintah menginginkan tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan berkelanjutan maka diperlukan kebijakan sisi penawaran yang efektif untuk meningkatkan produktivitas tersebut.

Misalnya, skema pelatihan yang efektif yang memberikan lebih banyak keterampilan kepada pekerja dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Pemerintah dapat mencoba dan mendorong perusahaan untuk berinvestasi dalam lebih banyak penelitian dan pengembangan dengan menawarkan kredit pajak. Jika berhasil, kebijakan ini dapat memungkinkan negara untuk tumbuh dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Dalam praktiknya, sulit bagi kebijakan sisi penawaran pemerintah untuk memperbaiki tingkat tren pertumbuhan jangka panjang. Pertumbuhan produktivitas sangat bergantung pada peningkatan teknologi. Perbaikan ini sebagian besar terjadi secara independen dari kebijakan pemerintah.
Kebijakan sisi penawaran dan pengangguran

Kebijakan sisi penawaran sangat penting dalam mengurangi tingkat pengangguran alami. Tingkat pengangguran alamiah mencakup pengangguran sisi penawaran seperti pengangguran struktural dan friksional.

Misalnya, ekonom menyarankan UE dapat mengurangi tingkat pengangguran melalui kebijakan sisi penawaran tertentu. Satu kebijakan dapat melibatkan pembuatan pasar tenaga kerja yang lebih fleksibel. misalnya, pemerintah dapat mempermudah mempekerjakan dan memecat pekerja; ini akan mendorong perusahaan untuk berinvestasi dan mempekerjakan pekerja. Kebijakan sisi penawaran lainnya dapat melibatkan pendidikan dan pelatihan yang lebih baik bagi kaum muda pengangguran. Oleh karena itu, kebijakan sisi penawaran ini dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran.

Namun, kebijakan seperti berinvestasi dalam pendidikan dan pelatihan akan membutuhkan waktu lama untuk dapat memberikan hasil. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa kebijakan sisi penawaran pemerintah benar-benar dapat mengurangi pengangguran. Misalnya, orang mungkin tidak mau mengikuti skema pelatihan. Jika lebih mudah untuk mempekerjakan dan memecat pekerja, mungkin ada lebih banyak pengangguran sementara.

Selain itu, kebijakan sisi penawaran tidak dapat menyelesaikan pengangguran yang disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang tidak mencukupi. Dalam resesi, kami melihat lonjakan pengangguran karena perusahaan memberhentikan pekerja. Jenis pengangguran ini tidak dapat diselesaikan melalui kebijakan sisi penawaran, kami membutuhkan tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Referensi : https://www.economicshelp.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.