Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Pentingnya Faktor CRM bagi Wirausahawan

Pentingnya Faktor CRM bagi Wirausahawan

  • oleh
  • Juli 9, 2021Juli 9, 2021

Semakin baik sebuah bisnis dapat mengelola hubungan yang dimilikinya dengan pelanggannya, semakin sukses bisnis itu nantinya. Oleh karena itu sistem TI yang secara khusus menangani masalah berurusan dengan pelanggan sehari-hari semakin populer. Customer Relationship Management (CRM) atau biasa kita sebut Manajemen hubungan pelanggan bukan hanya penerapan teknologi, tetapi merupakan strategi untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebutuhan dan perilaku pelanggan untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan mereka.

Karena itu, ini lebih merupakan filosofi bisnis daripada solusi teknis untuk membantu menangani pelanggan secara efektif dan efisien. Namun demikian, CRM yang sukses bergantung pada penggunaan teknologi.

Berikut ini adalah faktor penerapan CRM bagi seorang wirausahawan.

1. Mempertahankan Pelanggan

Dalam dunia komersial, pentingnya mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan memperluas bisnis adalah yang terpenting. Biaya yang terkait dengan menemukan pelanggan baru berarti bahwa setiap pelanggan yang ada bisa menjadi penting. Semakin banyak peluang yang dimiliki pelanggan untuk melakukan bisnis dengan perusahaan Anda, semakin baik, dan salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan membuka saluran seperti penjualan langsung, penjualan online, waralaba, penggunaan agen, dll. Namun, semakin banyak saluran yang Anda miliki , semakin besar kebutuhan untuk mengelola interaksi Anda dengan basis pelanggan Anda. Manajemen hubungan pelanggan (CRM) membantu bisnis untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku pelanggan mereka dan memodifikasi operasi bisnis mereka untuk memastikan bahwa pelanggan dilayani dengan cara terbaik. Intinya, CRM membantu bisnis untuk mengenali nilai pelanggannya dan memanfaatkan hubungan pelanggan yang lebih baik. Semakin baik Anda memahami pelanggan Anda, semakin responsif Anda terhadap kebutuhan mereka.

CRM dapat dicapai dengan:

  • mencari tahu tentang kebiasaan, pendapat, dan preferensi pembelian pelanggan Anda
  • membuat profil individu dan kelompok untuk memasarkan lebih efektif dan meningkatkan penjualan
  • mengubah cara Anda beroperasi untuk meningkatkan layanan pelanggan dan pemasaran
  • Mendapatkan manfaat dari CRM bukan hanya soal membeli perangkat lunak yang tepat. Anda juga harus menyesuaikan bisnis Anda dengan kebutuhan pelanggan Anda.

2. Memanfaatkan bisnis dari CRM

Menerapkan solusi manajemen hubungan pelanggan (CRM) mungkin melibatkan banyak waktu dan biaya. Namun, ada banyak manfaat potensial. Manfaat utama dapat berupa pengembangan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda yang sudah ada, yang dapat mengarah pada:

  • peningkatan penjualan melalui waktu yang lebih baik karena mengantisipasi kebutuhan berdasarkan tren historis
  • mengidentifikasi kebutuhan secara lebih efektif dengan memahami persyaratan pelanggan tertentu
  • cross-selling produk lain dengan menyoroti dan menyarankan alternatif atau peningkatan or
  • mengidentifikasi pelanggan mana yang menguntungkan dan mana yang tidak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.