Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Pentingnya Capital budgeting bagi Sebuah Perusahaan

Pentingnya Capital budgeting bagi Sebuah Perusahaan

  • oleh

Perusahaan mengadakan  investasi,  dalam  aktiva  tetap adalah  juga dengan harapan  bahwa  perusahaan  akan  memperoleh  kembali  dana  yang diinvestasikan tersebut seperti halnya pada investasi dalam aktiva lancar. Perbedaannya terletak dalam  jangka  waktu  dan  cara kembalinya  dana  yang diinvestasikan dalam  kedua golongan   aktiva   tersebut  

Keseluruhan   proses   perencanaan   dan  pengambilankeputusan mengenai pengeluaran dana di mana jangka waktu kemba inya dana tersebut melebihi waktu sata tahun dikatakan sebagai Capital Budgeting. Batas jangka waktu satu tahun tersebut  tidaklah mutlak.  Termasuk  dalam  golongan pengeluaran dana ini ialah pengeluaran d  ha untuk pembelian aktiva tetap (viant investment), yaitu tanah, bangunan-bangunan, mesin-mesin dan peralatan-peralatan lainnya. Demikian pula pengeluaran dana untuk proyek advertensi jangka panjang, penelitian dan pengembangan termasuk juga dalam golongan capital budgeting expenditures.

Capital budgeting mempunyai arti yang sangat penting bagi perusahaan karena:

  1. Dana yang dikeluarkan akan terikat untuk jangka waktu yang panjang. Ini berarti bahwa perusahaan harus menunggu selama waktu yang panjang atau lama sampai keseluruhan dana yang tertanam dapat diperoleh kembali oleh perusahaan. Ini akan berpengaruh bagi penyediaan dana untuk keperluan lain.
  2. Investasi dalam aktiva tetap menyangkut barapan terhadap basil penjualan diwaktu yang akan datang. Kesalahan dalam mengadakan forecasting kan dapat mengakibatkan adanya over atau under-investment dalam aktiva tetap. Apabila investasi dalam aktiva tetap terlalu besar melebihi daripada yang diperlukan akan memberikan beban tetap yang besar bagi perusahaan. Sebaliknya kalau jumlah investasi dalam aktiva tetap terlalu kecil akan dapat mengakibatkan kekurangan peralatan, yang ini dapat mengakibatkan perusahaan bekeija dengan harga pokok yang tinggi sehingga mengurangi daya bersaingnya atau kemungkina kebilangan sebagian dan pasar bagi produknya lain
  3. Pengeluaran dana untuk keperluan tersebut biasanya meliputi jumlah yang besar. Jumlah dana yang besar itu mungkin tidak dapat diperoleh dalamjangka waktu yang pendek atau mungkin tidak dapat diperoleh sekaligus. Berhubung dengan itu maka sebelumnya harus dibuat rencana yang hati-hati dan teliti.
  4. Kesalahan dalam pengambilan keputusan mengenai pengeluaran modal tersebut akan mempunyai akibat yang panjang dan berat. Kesalahan dalam pengambilan keputusan di bidang ini tidak dapat diperbaiki tanpa adanya kerugian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.