Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Pengertian Komitmen Dalam Akuntansi

Pengertian Komitmen Dalam Akuntansi

  • oleh

Dalam Akuntansi Komitmen adalah suatu perikatan atau kontrak berupa janji yang tidak dapat dibatalkan secara sepihak, dan harus dilaksanakan apabila persyaratan yang disepakati bersama dipenuhi.

Jenis Komitmen:

1.Komitmen Tagihan, yaitu komitmen yang akan diterima oleh suatu bank dari pihak lainnya.

2.Komitmen Kewajiban, yaitu komitmen yang diberikan oleh suatu bank kepada nasabah atau pihak lain.

Pencatatan Komitmen Dalam Laporan Keuangan Transaksi komitmen belum mempengaruhi posisi di neraca maupun pendapatan dan biaya, oleh sebab itu transaksi komitmen harus dicatat oleh bank diluar pos-pos neraca.Tempat pencatatan transaksi seperti ini adalah rekening administratif. Pos administratif komitmen ini pada tanggal jatuh waktunya akan berubah menjadi transaksi yang akan merubah neraca dan pos pendapatan dan biaya.

Tempat  pencatatan  transaksi  seperti  ini  adalah  rekening  admistratif,  yang berisikan seluruh transaksi komitmen suatu bank. Pos admistratif komitmen ini pada tanggal jatuh waktunya akan berubah menjadi transaksi yang akan mengubah neraca dan pos pendapatan dan biaya.

Standar Keuangan Akuntansi Perbankan Indonesia (SKAPI) mewajibkan bank untuk mencatat transaksi komitmen ini secara single entry, karena pada tanggal laporan keuangan harus terlihat jelas komitmen bersih dari suatu bank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.