Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Pengertian Cash Flow

Pengertian Cash Flow

  • oleh
  • Februari 26, 2021Februari 26, 2021

Mengapa ada berbagai cara penilaian usul investasi didasarkan pada aliran kas (cash flow) dan bukan pada keuntungan yang dilaporkan dalam buku? Jawabannya d sini adalah sangat sederhana, yaitu bahwa untuk dapat menghasilkan keuntungan tambahan, kita barus mempunyai kas untuk ditanamkan kembali.

Kita mengetahui bahwa keuntungan yang dilaporkan dalam buku belum pasti dalam bentuk kas, sebingga dengan demikian jumlah kas yang ada dalam perusahaan belum tentu sama dengan jumlah keuntungan yang dilaporkan dalam buku.

Setiap usul pengeluaran modal (capital expenditure) selalu mengandung dua macam aliran kas (cash flows), yaitu:

  1. aliran kas keluar netto (net outflow of cash), yaitu yang diperlukan untuk investasi baru, dan
  2. aliran kas masuk neto tahunan (net annual inflow of cash), yaitu sebagai basil dan investasi baru tersebut, yang mi sering pula disebut net cash proceeds atau cukup dengan istilahproceeds.

Dalam kasus perusahaan hutan arus kas masuk dan arus kas keluar terkait dengan mekanisme kelestarian hutan, rencana pemgaturan kelestarian/rencana karya perusahaan jangka panjang. Atau pada kasus pembangunan HTI s/d umur thur adalah rencana kegialn teknis kehutanan selama jangka tersebut.

Arus kas masuk pada umurnnya terdiri dan hasil pendapatan kayu dan penjarangan dan tebang babis pada akhir thur. Sedangkan arus kas keluas terdiri dari belanja kegiatan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.