Lompat ke konten
Home » Teknik Informatika » Pengaruh Kepadatan Piksel (Pixel Density) Terhadap Kualitas Gambar

Pengaruh Kepadatan Piksel (Pixel Density) Terhadap Kualitas Gambar

  • oleh

Kepadatan Piksel (Pixel Density) mengacu pada jumlah piksel di area tertentu pada sebuah layar. Kerapatan piksel umumnya diukur dalam piksel per inci (PPI) karena ukuran layar juga dijual dalam inci, tetapi piksel per sentimeter (PPCM) terkadang juga bisa Anda temukan dipasaran.

Jika Anda membeli sebuah laptop atau ponsel , Mungkin Anda akan melihat istilah Pixel Density pada spesifikasi. Kepadatan Piksel (Pixel Density) ini diukur dalam piksel per inci (PPI), kerapatan piksel berkaitan erat dengan kualitas gambar yang dirasakan sehingga memahami pengukuran ini dapat membantu Anda membuat pilihan yang lebih baik dalam memilih sebuah perangkat.

Semakin tinggi kerapatan piksel, semakin sulit membedakannya dengan mata telanjang. Beberapa perangkat memiliki kerapatan piksel yang jauh lebih tinggi daripada yang lain, misalnya iPhone 12 memiliki kerapatan piksel 460ppi, yang berarti bahwa untuk setiap inci persegi layar terdapat 460 piksel.

Untuk sebagai perbandingan, televisi 4K 55 inci, yang memiliki Pixel Density hanya 80,11ppi. Jauh lebih mudah membedakannya dengan TV lain , namun pada iPhone 12 sulit atau tidak mungkin untuk dilihat bahkan jika Anda memegang layar sangat dekat dengan wajah Anda. Kepadatan piksel adalah sesuatu yang harus Anda ingat, terutama jika Anda sudah terbiasa dengan perangkat dengan jumlah piksel per inci yang besar.

Misalnya, jika Anda berpindah dari layar laptop 15 inci ke monitor desktop yang lebih besar, memahami bagaimana resolusi dan ukuran layar memengaruhi kerapatan piksel akan memastikan Anda tidak kecewa dengan kerapatan piksel yang relatif lebih rendah dari monitor desktop besar.

Cara Menghitung Kepadatan Piksel (Pixel Density)

Untuk menghitung kerapatan piksel dalam PPI, Anda memerlukan dua pengukuran: resolusi layar (lebar dan tinggi) dan ukuran diagonal dalam inci. Pertama, Anda perlu menghitung lebar diagonal dalam piksel dengan mengkuadratkan tinggi dan lebar, menambahkan dua angka bersama-sama, dan mengambil akar kuadrat.

Dari sini Anda dapat membagi panjang diagonal dalam piksel dengan panjang diagonal dalam inci untuk mendapatkan kerapatan piksel dalam PPI. Ini dapat dinyatakan sebagai rumus matematika berikut, di mana w adalah lebar, h adalah tinggi, dan d adalah ukuran diagonal layar dalam inci.

Melihat Jarak Kepadatan Piksel (Pixel Density)

Jarak pandang membuat perbedaan besar dalam hal kerapatan piksel. Meskipun televisi 4K memiliki kerapatan piksel yang jauh lebih rendah daripada ponsel cerdas, pada jarak menonton biasa, efek yang dirasakan adalah sama. Anda hanya boleh membandingkan suka-untuk-suka dalam hal kerapatan piksel.

Membandingkan satu smartphone dengan yang lain adalah contohnya. Meskipun metrik penting, kerapatan piksel hanyalah salah satu ukuran kualitas gambar. Faktor penting lainnya termasuk jenis panel tampilan yang Anda pilih, rasio kontras, dan output kecerahan puncak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.