Lompat ke konten
Home » Sosial Politik » Pendekatan dalam Studi Kepemimpinan

Pendekatan dalam Studi Kepemimpinan

  • oleh

Menurut  Sharma (1982)  terdapat  tiga  pendekatan  utama  dalam  studi fenomena kepemimpinan. Tiga pendekatan itu adalah

(1) pendekatan ciri bawaan dari pemimpin,

(2) pendekatan tingkah laku dari pemimpin, dan

(3) pendekatan situasi dimana pemimpin itu melaksanakan kepemimpinannya. Pendekatan pertama sangat populer pada periode sekitar tahun 1930-1950-an, pendekatan kedua populer pada sekitar tahun 1950-1960-an, sedang pendekatan ketiga mulai 1970-an sampai sekarang. 

Ketika  pendekatan  pertama  sedang  berkembang  untuk  menjelaskan fenomena kepemimpinan dengan menekankan pada ciri bawaan dari pemimpin, pendekatan kedua mulai banyak dipergunakan.

Pada pendekatan ini perhatian yang diberikan tidak hanya pada ciri dari pemimpin dan perilakunya dalam melakukan kepemimpinan, tetapi juga pada bagaimana para pengikut dari pemimpin itu dan karakteristik situasi dimana kepemimpinan itu dijalankan. Pendekatan ketiga muncul dengan  memperhatikan  apa  yang  dilakukan  dua  pendekatan  terdahulu,  dan menambahkannya dengan beberapa variabel lain yang penting.

Untuk   mengetahui   masing-masing   pendekatan   tersebut   dan   kritik terhadapnya, berikut ini akan diuraikan secara singkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.