Lompat ke konten
Home » Teknik Sipil » Pemilihan Kala Ulang Banjir Rancangan

Pemilihan Kala Ulang Banjir Rancangan

  • oleh
  • Januari 30, 2021Januari 30, 2021

Pemilihan besarnya kala ulang banjir rancangan untuk setiap jenis bangunan tidak terdapat kriteria dan pedoman yang definitif. Kala ulang tersebut harus dapat menghasilkan  rancangan  yang  memuaskan  (Sri  Harto, 1993),  dalam  arti  bahwa bangunan hidraulik yang dibangun masih hams dapat berfungsi dengan baik minimal selama  waktu  yang  ditetapkan,  baik  struktural  maupun  fungsional. 

Pengambilan keputusan dalam menetapkan kala ulang banjir rancangan paling tidak hams didasrkan pada hasil analisis ekonomi (benefit cost analysis) sebagai salah satu pertimbangan non-teknis.  Umumnya  debit  banjir  rancangan  ditetapkan  berdasarkan  beberapa pertimbangan berikut:

a. ukuran dan jenis proyek,

b. ketersediaan data,

c. ketersediaan dana,

d. kepentingan daerah yang dilindungi,

e. resiko kegagalan yang dapat ditimbulkan,

f. kadang bahkanjuga kebijaksanaan politik.

Apabila  dikaitkan dengan faktor resiko kegagalan, maka  dapat digunakan

rumus sederhana berikut ini.     

R = 1- (1-1/ T)L

dengan: 

R             =  resiko kegagalan,

T              =  kala ulang (tahun),

L              =  umur bangunan/proyek (tahun).

Sebagai gambaran lebih lanjut, berikut disajikan tabel yang memuat beberapa nilai kala ulang banjir rancangan yang digunakan Departeman Pekerjaan Umum untuk berbagai bangunan di sungai

Ref : (Srimoemi Doelchomid, 1987).

Tabel Kala ulang banjir rancangan untuk bangunan di sungai

Definisi dan pengertian kala ulang seperti yang diuraikan di atas juga berlaku untuk besaran hujan rancangan. Pengertian ini biasanya diterapkan pada analisis hidrologi  untuk  menghitung  debit  banjir  berdasarkan  data  hujan.  Dalam  hal  ini ditetapkan  terlebih  dahulu  besarnya  hujan  rancangan.  Prosedur  tersebut  berarti menggunakan anggapan bahwa kala ulang hujan akan sama dengan kala ulang debit banjir yang terjadi akibat adanya hujan yang besarnya sama dengan hujan rancangan yang ditetapkan. Meskipun anggapan ini tidak selalu benar, akan tetapi cara tersebut dalam  praktek  masih  dapat  digunakan.  Penelitian  menyangkut  hubungan  kedua besaran hidrologi tersebut sampai sekarang belum dapat memberikan hasil yang dapat digunakan sebagai pedoman.

Besarnya debit banjir rancangan ini akan menentukan besaran-besaran rancangan yang lain, seperti tinggi muka air banjir dan elevasi dasar jembatan. Pada prinsipnya informasi tersebut diperlukan untuk dapat menetapkan dimensi rancangan dan tata letak dan konstruksi jembatan kereta api agar aman terhadap pengaruh negatif dan peristiwa banjir serta pengaruh lain akibat proses morfologi sungai yang akan terjadi pada lokasi dimana jembatan kereta api akan dibangun. Untuk itu, selain debit banjir juga diperlukan besaran debit dominan sungai, yaitu besamya debit sungai yang diperkirakan akan menyebabkan adanya angkutan sedimen maksimum. Hal ini dikaitkan dengan proses perubahan geometri sungai yang hams diantisipasi, karena dapat membahayakan stabilitas bangunan jembatan kereta api, seperti gerusan dasar dan tebing, longsoran tebing dan lain-lain. Besamya debit dominan dapat diperoleh dan analisis angkutan sedimen lokal bardasarkan garis massa debit (flow duration curve) dan kurva liku sedimen (sediment rating curve). Untuk mendapatkan garis massa debit dapat diturunkan dan ganis debit tahunan yang merupakan basil perataan dan catatan data debit yang panjang, misal 20 tahun. Apabila tidak tersedia data aliranldebit yang panjang, maka diperlukan cara tertentu, yang dalam analisis hidrologi dapat dilakukan dengan model matematik (model hidrologi) berdasarkan data hujan dan data karakteristik DAS. Garis massa debit ini juga dapat dipergunakan untuk menghitung perkiraan angkutan sedimen dasar (bed load) tahunan. Prosedur dan beberapa metoda untuk menentukan debit banjir rancangan, garis massa debit, debit dominan dan angkutan  sedimen tahunan lokal, dijelaskan pada uraian di sub bab berikutnya.

Referensi : ELISA.UGM.AC.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.