Lompat ke konten
Home » Arsitektur » PEMASANGAN LANTAI

PEMASANGAN LANTAI

  • oleh
  • April 16, 2021April 16, 2021

Pada intinya, cara pemasangan semua jenis bahan lantai sama, kecuali, kegiataanpersiaapan untuk pemasangan lantai kayu yang perlu di beri obat anti rayap terlebih dahulu. Kemudiaan dilakukan pengukuran bentuk dan ukuran ruangan, penentuaan tinggi rendah lantai,pengisian nat pada sela-sela lantai dan finishing.

Untuk menghitung kebutuhan ubin, khususnya keramik yang terpakai dalam sebuah ruangan tidak semudah membagi dan mengalikan ukuran. Dalam pemasangan sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya ubin pecah-pecah atu ujungnya gompel. Belum

jika sudut-sudt ruangan mengharuskan ubin di potong, sehingga sisanya tidak bisa dipakai lagi. Ini harus di antisipasi dengan melebihkan jumlah ubin keramik yang harus di beli. Tetapi kelebihan ubin keramik jangan sampai terlalu banyak yang mengakibatkan pemborosan untuk pemasangan biasa secara lurus, biasanya dilebihkan 1%-2% dari kebutuhan. Sementara itu, jika pemasangan dilakukan secara diagonal ubin yang dilebihkan banyaknya 4% satu kotak ubin keramik umumnya untuk menutupi seluas 1m2 misal, sebuah sebuah ruangan seluas 4x4m atau 16 m2, membutuhkan ubin keramik 16 kotak. Untuk kelebihannya, jika dipasang lurus berarti 1% dari 16 kotak atau 0,16 kotak, karena tidak memungkinkan membeli ¼ kotak atau ½ kotak maka untuk kasus kelebihannya di hitung satu kotak. Jadi total ubin yang harus di beli adalah 17 kotak.

Cara pemasangan lantai keramik sebagai berikut. Sebelum keramik di pasang , tanah diratakan menggunakan pasir urug atau tanah urugkemudiaan disiapkan adukan dengan perbadingan 1semen 3 pasir. Sebelum pemasangan keramik di rendam dahulu. Keramik dipasang dan di ketuk-ketuk perlahan sampai rata dengan keramik di sisinya. Bila ada keramik yang harus di potong , dilakukan dengan cermat dan hati-hati, setelah kering, nat diisi spesi dan semen. Untuk lantai kamar mandi, pemasangan keramik di buat miring kearah saluran air agar air tidak tergenang.

Cara merawat ubin tegel, teraso, dan keramik, cukup dengan di pel dengan cairan khusus pembersih lantai secara rutin. Sedangkan perawatan lantai marmerdan geranit sebelum pemasangan di beri coating untuk menghindari tetesan air yang masuk ke pori-pori. Apa bila ter kena noda, cukup di bersihkan dengan cara di pel dengan air hangat dan dihindari bahan pembersih lantai dengan bahan kimia tinggi.coating dilakukan 2-4 tahun sekali.

Sebelum pemasangan, perlu dilakukan perhitungan kebutuhan lantai kayu parket.parket di pasaran di jual dalam kemasan boks,dalam satu boks, termuat parket seluas 1,6 m2- 1.9 m2. untuk mengetahui berapa boks parket yang di butuhkan, di hitung dari luas menghindari dari resiko kekurangan saat pemasangan,factor waste perlu di perhitungkan. Parket dilebihkan sebanyak 5%-10% pada pemasangan lantai kayu harus dipasang pada lantai dasar yang rata dan tidak lembab. Lantai harus datar,bisa lama. Tapi pada dasarnya pemasangan lantai kayu ini cukup mudah.bisa dengan melepas terlebih dahulu pelapis lantai yang sudah ada, tapi bisa juga langsung diatas lantai yang sudah ada.

Untuk pelapisan semua jenis lantai kayu ,kecuali yang setengah jadi harus dilapisi dan di pernis untuk perlindungan.salah satu jenis pelapis terbaik adalah lak dan lilin,proses pelapisannyaperlu dilakukan berulang kali dan secara teratur.

Perawatan lantai kayu cukup mudah karena umumnya lantai kayu mudah di bersihkan dan jika diberi lapisan maka tidak akan bermasalah.sedangkan perawatanya sebagai berikut. Jika terkena tumpahan noda , segera di lap ujtuk untuk membersihkan tumpahan tersebut tapi jangan terlalu basah, karena kayu tidak boleh terlalu lembab. Untuk lantai kayu perket, sebelum di pel sebaiknya di bersihkan dahulu sebab butiran yang mungkin melekat pada kain pel biasa di gunakan,alat penyedot debu bisa di gunakan, setelah itu di seka dengan lap fanel kering. Setelah bersih untuk lantai kayu perket yang terbuat dari kayu solid, ada perawatan tambahan yang harus dilakukan yaitu tiap satu bulan sekali di semir menggunakan bahan pengkilap kayu dan tiap dua tahun sekali dilakukan coating ulang. Jika lantai mengalami kerusakan sedikit, lantai diampelas lalu di olesi pernis atau lilin secukupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.