Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Model Tubbs

Model Tubbs

  • oleh

Model ini menggambarkan komunikasi paling mendasar, yaitu komunikasi dua- orang (diadik). Model Tubbs ini sesuai dengan komunikasi sebagai transaksi, yang mengasumsikan kedua peserta komunikasi sebagai pengirim dan sekaligus penerima pesan.

Proses komunikasi berlangsung spontan dan serentak, dalam komunikasi ini akan terlihat dua komunikator yang akan berperan sebagai pengirim pesan dan penerima pesan. Komunikasi ini dapat dimulai oleh siapa saja di antara kedua komunikator. Dalam kehidupan seharihari komunikasi itu sesuatu yang proses yang sinambung, tanpa awal dan akhir.

Artinya apa yang kita anggap awal komunikasi itu sebenarnya merupakan kelanjutan dari fenomena komunikasi yang terjadi sebelumnya, baik dengan orang yang bersangkutan ataupun dengan pihak lain, dan apa yang kita anggap akhir komunikasi juga akan berlanjut dengan peristiwa komunikasi selanjutnya, baik dengan din kita lagi ataupun dengan pihak lain.

Model komunikasi Tubbs melukiskan rangsangan yang berasal dari dalam ataupun dari luar dirinya, yang sudah berlalu ataupun yang sedang berlangsung, juga semua pengalamannya dan pengetahuannya mengenai dunia fisik dan social yang mereka peroleh lewat indra mereka. Pesan dalam model ini dapat berupa pesan verbal dan nonverbal, bisa disengaja ataupun tidak, saluran adalah indra terutama pendengaran, pengelihatan dan perabaan.

Gangguan dalam model Tubbs terbagi dua, gangguan teknis dan semantic. Gangguan teknis adalah factor yang menyebabkan si penerima merasakan sesuatu perubahan dalam informasi atau rangsangan yang tiba, misalnya kegaduhan atau dari pengerim pesan yang mengalami gangguan dalam berbicara. Gangguan semantic adalah pemberian makna yang berbeda atas lambang yang disampaikan pengirim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.