Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Model Newcomb

Model Newcomb

  • oleh
  • Februari 25, 2021Februari 25, 2021

Theodore Newcomb (1953) memandang komunikasi dari perspektif psikologi- sosial. Dalam model ini komunikasi adalah suatu cara yang lazim dan efektif yang memungkinkan orang-orang mengoreientasikan diri terhadap lingkungan mereka.

Model ini mengisyaratkan bahwa setiap system apapun mungkin ditandai oleh suatu keseimbangan kekuatan-kekuatan dan bahwa setiap perubahan dalam bagian mana pun dari system tersebut akan menimbulkan suatu ketegangan terhadap keseimbangan atau simetri, karena ketidakseimbangan atau kekurangan simetri secara psikologi tidak menyenangkan dan menimbulkan tekanan internal untuk memulihkan keseimbangan.

Dengan kata lain jika (A) dan (B) mempunyai sikap positif terhadap satu yang sama lain terhadap (X) (orang, gagasan, atau benda) hubungan itu merupakan simetri. Bila (A) dan (B) saling membenci dan salah satu menyukai (X), maka hubungan mereka juga merupakan simetri. Akan tetapi bila (A) dan (B) saling menyukai namun mereka tidak sependapat mengenai (X) atau bila mereka saling membenci namun sependapat dengan mengenai (X) maka hubungan mereka bukan simetri. Lihat gambar di atas.

Dalam konteks ini, ketegangan mungkin akan muncul yang menuntut mereka untuk mencari keseimbangan dengan cara mengubah sikap satu pihak terhadap pihak lainnya, atau sikap mereka terhadap (X).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.