Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Model Berlo

Model Berlo

  • oleh

Model Berlo di kemukakan pada tahun 1960, model ini dikenal dengan model SMCR, kepanjangan dari Source (sumber), Massege (pesan), Channel (saluran), Receiver (penerima).

Sebagaimana di kemukakan Berlo sumber adalah pihak yang menciptakan pesan, baik seseorang ataupun suatu kelompok. Pesan adalah terjemahan gagasan kedalam suatu kode simbolik, seperti bahasa atau isyarat.

Saluran adalah medium yang membawa pesan dan penerima adalah orang yang menjadi sasaran komunikasi. Menurut Berlo sumber dan penerima pesan di pengaruhi oleh faktor-faktorl keterampilan komunikasi, sikap, pengetahuan, system social, dan budaya. Pesan dikembangkan berdasarkanl elemen, struktur, isi, perlakuan, dan kode.

Sementara saluran berhubungan dengan panca indral melihat, mendengar, menyentuh, membaui dan merasai. Salah salt kelebihan model Berlo adalah tidak terbatas pada komunikasi public atau komunikasi massa, namun juga komunikasi antarpribadi dan berbagai komunikasi tertulis.

Tetapi model ini juga mempunyai keterbatasan dimana menyajikan komunikasi sebagai fenomena statis, lebih jauh lagi umpan balik yang diterima pembicara dari khalayak tidak dimasukkan dalam model grafiknya, dankomunikasi non verbal tidak di anggap penting dalam mempengaruhi seseorang. Perhatikan modelgrafik model Berlo di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.