Model Aristotle’s adalah model komunikasi paling klasik yang sering juga disebut model retoris. Komunikasi ini terjadi ketika seorang pembicara menyampaikan pembicaraannya kepada khalayak dalam upaya mengubah sikap mereka. Dalam model Aristotle’s ada tiga unsure dasar proses komunikasi pembicara, pesan dan pendengar.
Focus komunikasi model Aristotle’s adalah komunikasi retoris, yang kini lebih dikenal dengan komunikasi public atau pidato. Seperti model S — R komunikasi model Aristotle’s sangat sederhana dan tidak memuat unsur-unsur lainya; seperti saluran, umpan balik, efek dan kendala atau gangguan komunikasi. Menurut Aristotle’s persuasi dapat dicapai oleh siapa anda (etos — keterpercayaan anda), argument anda (logos — logikan dalam pendapat anda), dan dengan memainkan emosi khalayak (pathos emosi khalayak). Salah satu kelemahan model ini bahwa komunikasi di anggap sebagai fenomena yang statis, seseorang berbicara, pesannya berjalan kepada khalayak dan khalayak mendengarkan dan model ini berfokus pada komunikasi yang bertujuan (disengaja) yang terjadi ketika seseorang berusaha membujuk orang lain untuk menerima pendapatnya. Kelemahan lain model retoris, tidak dibahas aspek-aspek nonverbal dalam persuasi.