Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Metode Penilaian Prestasi Karyawan

Metode Penilaian Prestasi Karyawan

  • oleh

Metode penilaian prestasi karyawan pada dasarnya dikelompokkan atas metode tradisional dan metode modern (Hasibuan, 2003: 96):

1. Metode Tradisional

a)  Rating scale

Metode dimana penilaian dilakukan oleh atasan atau supervisor untuk mengukur  karakteristik,  misalnya  mengenai  inisiatif,  ketergantungan, kematangan, dan kontribusi terhadap tujuan kerjanya.

b)  Employee comparation

Metode ini merupakan metode penilaian yang dilakukan dengan cara membandingkan antara seorang pekerja dengan pekerja lainnya.

c)  Porced comperation (grading)

Metode ini digunakan untuk jumlah karyawan dengan jumlah yang banyak.

d)  Check lish

Penilai   tinggal   memilih   kalimat-kalimat   atau   kata-kata   yang menggambarkan prestasi kerja dan karakteristik setiap individu karyawan, baru melaporkannya kepada bagian personalia untuk mentapkan bobot nilai,   indeks   nilai,   dan   kebijaksanaan   selanjutnya   bagi   karyawan bersangkutan.

e)  Freeform essay

Dengan metode ini seorang penilai diharuskan membuat karangan yang berkenaan dengan orang/karyawan yang sedang dinilainya.

f)   Critical incident

Dengan metode ini penilai harus mencataat semua kejadian mengenai tingkah laku bawahannya sehari-hari yang kemudian dimasukkan kedalam catatan khusus yang terdiri dari berbagai macam kategori tingkah laku bawahannya.

2 .Metode Modern

a)  Asessment centre

Metode ini biasanya dilakukan dengan pembentukan tim penilai khusus.  tim penilai khusus ini biasanya bias dari luar, dari dalam, maupun kombinasi dari luar dan dalam.

b)  Management by objective

Dalam metode ini karyawan langsung diikutsertakan dalam perumusan dan pemutusan persoalan dengan memperhatikan kemampuan bawahan dalam menentukan sasarannya masing-masing yang ditekankan pada pencapaian sasaran perusahaan.

c)  Human asset accounting

Dalam metode ini, faktor pekerja dinilai sebagai individu modal jangka panjang  sehingga  sumber  tenaga  kerja  dinilai  dengan  membandingkan terhadap   variabel-variabel   yang   dapat   mempengaruhi   keberhasilan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.