Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Menyusun Rencana Untuk Meningkatkan Inventarisasi Agar Lebih Baik

Menyusun Rencana Untuk Meningkatkan Inventarisasi Agar Lebih Baik

  • oleh
  • Juni 28, 2021Juni 28, 2021

Sebuah inventarisasi tahunan membantu Anda untuk mempertahankan tingkat persediaan Anda dan meminimalkan kerugian Anda di lingkungan ritel atau grosir. Namun, prosesdan perencanaan Anda selalu dapat ditingkatkan untuk meminimalkan risiko yang dihadapi bisnis dan laba Anda. Kami melihat rintangan umum, penyebabnya, dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

Berikut ini adalah lima strategi yang bisa meningkatkan inventarisasi agar lebih baik:

1. Periksa akurasi

Proses operasional Anda sehari-hari harus dianalisis dan direvisi untuk memungkinkan Anda merampingkan proses inventarisasi Anda.

Tetapkan jadwal untuk menghitung berdasarkan produk – tentukan item mana yang perlu dihitung lebih sering dan buat rencana Anda yang sesuai dengan prosedur tersebut.

Setelah ini, karyawan gudang Anda harus terbiasa dengan prosedur untuk proses umum dan pengecualian. Misalnya, jika suatu produk tidak ditemukan seperti yang disarankan oleh sistem atau rusak, operator harus mengetahui cara mencatat pengecualian dan memperbaiki masalahnya.

2. Lakukan Benchmarking stock

Berdasarkan industri, stok, dan hasil kerja Anda, Anda harus membandingkan proses manajemen inventaris Anda dengan praktik terbaik. Pastikan bahwa strategi pengambilan stok Anda mendukung tujuan dan sasaran yang Anda tetapkan sesuai dengan praktik terbaik ini.

Bagaimana Anda membandingkan dengan pesaing Anda berdasarkan akurasi inventaris, efisiensi sehari-hari, biaya operasional, keselamatan dan keamanan, dan layanan pelanggan?

3. Lacak stok Anda dan penghitung Anda

Cobalah untuk menerapkan prosedur penghitungan lokasi stok – dengan WMS Anda dapat menggunakan fungsi “Periksa Digit” untuk memastikan stok dihitung secara akurat dan ditemukan di tempat yang benar.

Pertimbangkan untuk menerapkan WMS untuk memastikan bahwa proses pelacakan, penyimpanan, dan penghitungan Anda terkendali dan disajikan kepada Anda secara real-time.

4. Ukur dan Pantau

Pengukuran akurasi stocktake akan mengikuti KPI yang ditetapkan selama proses benchmarking Anda. Pemeriksaan dan analisis akurasi inventaris yang konsisten akan membantu Anda untuk terus bergerak maju dalam bisnis Anda dan mendorong profitabilitas, produktivitas, dan efisiensi.

5. Mulai menerapkan Penghitungan Siklus

Penghitungan siklus – pengambilan stok kecil yang dilakukan di antara interval pengambilan stok penuh – dapat membantu Anda meningkatkan akurasi dan kecepatan pengambilan stok tahunan Anda.

Hitungan ini mendukung tiga tindakan yang tercantum di atas dan memberi Anda gambaran lengkap tentang kesehatan inventaris Anda sepanjang tahun keuangan Anda.

Menerapkan WMS dapat meningkatkan infrastruktur yang mendukung proses ini sehingga Anda dapat menilai kemajuan Anda saat Anda meningkatkan pengambilan stok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.