Lompat ke konten
Home » Sosial Politik » Meningkatkan Mobilitas Sosial

Meningkatkan Mobilitas Sosial

  • oleh

Apa yang mendorong mobilitas sosial, dan kebijakan apa yang dapat meningkatkannya? OECD menyimpulkan bahwa sementara faktor-faktor seperti kemampuan individu, keluarga dan lingkungan sosial, jaringan dan sikap semuanya memiliki pengaruh, tindakan pemerintah, khususnya di bidang pendidikan, dapat membantu anak-anak mencapai pendapatan dan status sosial yang lebih tinggi daripada orang tua mereka.

Di Inggris, Panel Kesetaraan Nasional yang diketuai oleh John Hills, sambil menyoroti bagaimana keuntungan dan kerugian ekonomi diperkuat di seluruh siklus kehidupan dan antar generasi, juga menolak gagasan bahwa kebijakan tidak dapat membuat perbedaan, dan menyarankan berbagai bidang – termasuk sekolah dan pendidikan, mengatasi kerugian pasar tenaga kerja dan pembaruan lingkungan – di mana tindakan pemerintah dapat membantu.

Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa mobilitas antargenerasi lebih rendah di masyarakat yang lebih tidak setara. Ketimpangan dapat memperkuat imobilitas dalam beberapa cara. Semakin besar imbalan dari pekerjaan puncak, semakin besar kemungkinan orang tua yang mampu akan berusaha untuk memastikan anak-anak mereka mengamankan mereka.

Seperti yang dicatat oleh laporan Hills, mereka yang berada di dekat puncak akan berjuang untuk memastikan anak-anak mereka tidak tergelincir. Hubungan antara harga rumah dan kedekatan dengan sekolah negeri yang baik didokumentasikan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.