Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Marjin Kontribusi dan Marjin Bruto

Marjin Kontribusi dan Marjin Bruto

  • oleh

Marjin kontribusi dapat dinyatakan sebagai suatu angka yang menujukkan total, sebagai suatu angka per unit, sebagai rasio, dan sebagai persentase. Rasio biaya variabel atau rasio biaya persentase ditetapkan sebagai semua biaya variabel dibagi oleh penjualan. Jadi rasio marjin kontribusi sebesar 20% berarti rasio biaya variabel adalah 80%.

Seringkali orang bingung membedakan marjin kontribusi dan marjin bruto. Marjin bruto(yang disebut juga laba bruto) adalah kelebihan penjualan atas harga pokok penjualan (yaitu harga pokok barang dagangan yang didapat atau dibuat dan dijual kembali). Konsep ini digunakan secara luas, khususnya pada perusahaan eceran.

Perbandingan marjin bruto dengan marjin kontribusi:

marjin bruto = harga jual – harga pokok penjualan

marjin kontribusi = harga jual – semua biaya variabel

Perbandingan-perbandingan berikut ini dari ilustrasi menunjukkan persamaan dan perbedaan antara marjin kontribusi dan marjin bruto dalam sebuah toko:

Penjualan                                                            $0,50

Biaya variabel: Biaya perolehan

Mengenai unit-unit yang dijual                  0,40       

Marjin kontribusi sama besarnya

Dengan marjin bruto                                      0,10       

Jadi hasil data orisinil tidak menghasilkan perbedaan antara besarnya marjin kontribusi dan marjin bruto. Tetapi terdapat perbedaan antara keduanya, jika perusahaan membayar biaya tambahan yaitu biaya sewa sebesar 1 sen per unit:

Seperti tampak di dalam daftar atas, marjin kontribusi dan marjin bruto tidak mempunyai konsep yang sama. Marjin kontribusi memfokuskan pada penjualan yang berkaitan dengan seluruh biaya variabel (biaya perolehan dan biaya variabel). Sedangkan narjin bruto memfokuskan pada penjualan yang berkaitan dengan biaya perolehan barang dagangan.     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.