Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Laporan Komitmen Akuntansi

Laporan Komitmen Akuntansi

  • oleh

Untuk mencatat berbagai jenis transaksi komitmen maupun kontinjensi, bank diwajibkan menyusun sebuah laporan komitmen dan kontinjensi sebagaimana diuraikan pada gambar tabel di bawah.

Laporan tersebut wajib ditampilkan pada laporan publikasi setiap triwulan. Jika dilihat rincian setiap baris dalam laporan tersebut, tampak bahwa fasilitas kredit kepada nasabah yang belum ditarik (undisbursed loan) termasuk pada jenis kewajiban komitmen. Artinya, bank telah committed untuk memberikan kredit kepada debitor namun belum seluruh plafon kredit digunakan secara efektif oleh debitor.

Terhadap   undisbursed   loan   tersebut   bank   tetap   wajib   memperhitungkan komitmennya sebagai salah satu komponen ATMR dengan bobot risiko sebesar 50 persen dari nilai undisbursed loan. Selain itu, mengingat sudah menjadi komitmen bank, undisbursed loan juga wajib disediakan cadangan likuiditasnya untuk mengantisipasi penarikan kredit oleh debitor setiap saat. Dari alasan ini saja jelas bahwa pos kewajiban komitmen merupakan hal yang tidak dikehendaki kehadirannya oleh bank, karena di samping akan memakan angka CAR, variabel ini juga perlu disediakan pendanaannya yang pada akhirnya akan berujung pada peningkatan biaya dana (cost of loanable funds) dan menurunnya produktivitas penerimaan bunga kredit.

Definisi Laporan Akuntansi Komitmen

Laporan Komitmen adalah laporan suatu kewajiban bagi bank untuk melaporkan besarnya tagihan atau kewajiban bersih atas seluruh transaksi komitmen yang telah dilakukan.

Tujuan Laporan Akuntansi Komitmen

Untuk alat kontrol bagi bank yang bersangkutan dalam mengelola aktiva dan kewajibannya termasuk didalamnya pengelolaan alat likuid untuk memenuhi kewajiban yang diperkirakan akan terjadi beberapa hari atau bulan yang akan datang yang akan dikaitkan dengan tagihan yang akan diterima.

Waktu Laporan Akuntansi Komitmen

Laporan komitmen dibuat setiap tanggal laporan bersamaan dengan pembuatan neraca dan laporan laba rugi.

Isi Laporan Akuntansi Komitmen

Memerinci seluruh kewajiban dan tagihan komitmen yang dimiliki oleh suatu bank.

Manfaat Laporan Akuntansi Komitmen

Dapat diketahui apakah bank memiliki suatu kewajiban atau tagihan bersih dari sejumlah komitmen yang telah ada. Komitmen ini akan mempengaruhi perhitungan aktiva tertimbang menurut resiko (ATMR) dalam rangka perhitungan rasio kecukupan modal (CAR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.