Lompat ke konten
Home » Ekonomi » KURVA PENAWARAN DAN PERMINTAAN

KURVA PENAWARAN DAN PERMINTAAN

  • oleh

KURVA PERMINTAAN

Kurva permintaan menggambarkan kuantitas yang diminta oleh konsumen pada setiap harga, dengan mengasumsikan faktor lain konstan. Faktor lain yang dimaksud adalah harga barang yang berkaitan, iklan, pendapatan, dan variabel lainnya.

Kurva permintaan bisa bergeser ke kanan atau ke kiri jika ada variabel-variabel eksternal yang mempengaruhi kurva tersebut. Sebagai contoh, jika pendapatan meningkat maka kurva permintaan akan bergeser ke kanan. Untuk setiap harga yang sama, kuantitas yang diminta semakin  meningkat.  Pergeseran  tersebut  berbeda  dengan  pergerakan  dalam  kurva permintaan (jika harga yang diminta naik, maka barang yang diminta akan menurun. Bagan berikut ini menggambarkan kurva permintaan.

Bagan Kurva Permintaan

KURVA PENAWARAN

Kurva penawaran menggambarkan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada tingkat harga yang berbeda-beda, dengan mengasumsikan variabel lain konstan. Variabelvariabel tersebut antara lain adalah teknologi, harga input. Jika faktor tersebut berubah, maka kurva penawaran akan bergeser.

Sebagai contoh, jika teknologi semakin maju, maka kurve penawaran bergeser kekanan, hal tersebut berarti jumlah kuantitas yang ditawarkan semakin meningkat untuk tingkat harga yang sama.

Bagan Kurva Penawaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.