Defense mechanism dari seseorang dalam konseling dapat bernegosiasi dengan defense mechanismkonselor dan vice versa. Dinamika ini kuat sekaligus halus. Kesepakatan terselubung antara konselor dan individu yang muncul dari tema dasar “Saya tidak ingin menggali bagian paling tersembunyi dari diri Anda jika Anda tidak menggali bagian paling tersembunyi dari diri saya.” Perubahan dari kesepakatan ini tidak dapat menjadi overstressed. Berikut ini adalah contoh dari defense negotiationsantara seseorang dalam konseling dan seorang konselor.
Seorang wanita dalam konselor memiliki dua bagian yang tersembunyi, satu adalah bahwa ia suka meninggalkan suaminya dan menemukan pasangan yang lebih mampu memberikan kasih sayang; kedua adalah bahwa ia memiliki keraguan religius yang dalam dan tersembunyi di bawah semangat religius. Konselor juga memiliki dua bagian yang tersembunyi: dia ragu mengenai keahliannya sebagai seorang konselor, dan dia merasa bersalah dengan memasang bayaran yang tinggi.
Kesepakatan yang spesifik antara sistem defense dari konselor dan individu adalah sebagai berikut. Individu kepada konselor: “Jika Anda tidak membuat saya melihat pada hasrat saya untuk meninggalkan suami saya dan pada keraguan religius saya yang serius, saya tidak mau membuat Anda menghadapi ketidakmampuan Anda sebagai konselor atau rasa bersalah Anda karena menetapkan bayaran yang lebih tinggi dari kebanyakan konselor lain.” Area yang “tidak boleh dimasuki tanpa ijin” telah dikemukakan secara jelas. Dua orang ini dapat bertemu untuk seratus atau tiga ratus jam dan mendiskusikan setiap topik serta masalah yang mungkin tanpa melanggar area yang tidak boleh dimasuki tanpa ijin. Dengan melakukan hal itu, keduanya dapat merasa bahwa kemajuan telah dibuat, mengarah pada apa yang ada dalam realita, hanyalah perubahan perilaku yang dangkal. Keduanya merasakan penghentian konseling sebagai upaya yang berhasil. Dan berdasarkan pada bagian-bagian tersembunyi mereka, merupakan sesuatu hal yang berhasil. Kedua individu menunjukkan rasa hormat kepada kesehatan mental tanpa harus menghadapi diri mereka sendiri dan membuat perubahan penting apapun. Perasaan yang baik yang menyertai penghentian konseling berasal dari pembebasan bahwa bagian-bagian yang tersembunyi tidak terbongkar.
Tembakan peringatan biasanya meletus dalam konseling untuk menguatkan kesepakatan yang telah dinegosiasikan antara sistem pertahanan individu dan konselor. Konselor mungkin saja tidak berhati-hati dalam mendekati tanda “tidak boleh dimasuki tanpa ijin” seseorang dalam konseling: “Anda mengatakan bahwa Anda mencintai suami Anda, tetapi apakah Anda merasa, di dalam hati Anda, akan menyenangkan untuk berhubungan dengan seseorang yang berbeda untuk perubahan?” atau “Anda mengatakan berulang kali betapa bersyukurnya Anda untuk sebuah takdir religius yang kuat, tetapi terkadang saya khawatir apakah, jauh di dalam hati Anda, Anda memiliki keraguan yang tidak mudah dilihat?”
Individu sekarang mungkin melancarkan tembakan peringatan. Untuk pertanyaan selanjutnya, dia menjawab “Di manakah Anda mendapatkan gagasan seperti itu? Satu hal yang saya harus bertaut kepadanya adalah takdir saya, dan Anda berusaha untuk mengambilnya dari saya! Saya pikir seharusnya Anda membantu saya, bukan menghancurkan saya. Saya lebih baik berbicara kepada pendeta. Setidaknya dia akan menghargai nilai-nilai yang saya pegang dan memiliki keterampilan untuk menaunginya. Dan dia juga akan jauh lebih murah”.
Pesannya adalah jelas: “Anda lebih baik mundur atau Anda akan memperoleh kesakitan.” Konselor menerima pesan dan membalas “Saya tidak bermaksud untuk membuat Anda marah. Pertanyaan itu hanya terlintas di benak saya. Jika Anda merasa nyaman dengan kepercayaan religius Anda, saya pikir itu sangat penting.” Konselor menyadari bahwa dia telah menyentuh satu wilayah
yang dikelilingi oleh pertahanan yang kuat, tetapi membuat individu yang bersangkutan nyaman dengan gagasan bahwa dia tidak siap untuk berhubungan dengan kenyataan, karena itu dia menandainya untuk lain waktu. Setelah konselor mundur dan perempuan itu merasa aman, dia meminta maaf untuk sikapnya yang meledak-ledak dan meyakinkan konselor bahwa dia sangat beruntung telah bertemu dengan konselor itu. Konselor mengatakan kepadanya bahwa ia tidak perlu meminta maaf, dan itu adalah sebuah perubahan yang sehat, dan mereka berdua berpindah ke topik yang tidak lagi mengancam dan kurang penting.
Beberapa orang memiliki keterampilan gaib untuk mengenali ketakutan terdalam pada orang lain. Konselor yang baik memiliki kemampuan ini. Tetapi konselor dapat mengingat bahwa banyak konselor juga memiliki kemampuan ini. Semakin tersembunyi atau semakin tidak diterima kecemasan yang dimiliki konselor, semakin rentan mereka terhadap “pemerasan psikologis”. Dalam contoh terdahulu, jika konselor merasa layak percaya diri dengan keterampilannya dan merasa benar dalam menetapkan bayarannya, dia mungkin akan merespon ledakan emosi perempuan tadi dengan cara berikut:
Dapatkah Anda mengatakan kepada saya mengenai mengapa Anda marah
kepada saya?
Dapatkah kita bicara mengenai gagasan bahwa takdir Anda adalah segala
sesuatu yang Anda harus bertumpu padanya?
sepertinya merasa bahwa terkadang saya tidak tahu apa yang saya
lakukan atau bahwa saya mengatakan hal cantik yang terkesan bodoh. Mari kita bicara mengenai bayaran saya untuk beberapa menit karena
nampaknya itu menjadi perhatian Anda.
Konselor menunjukkan kepercayaan dirinya sekaligus perhatian jujurnya untuk individu yang dihadapinya secara lemah lembut tetap tabah dan membantu perempuan itu dengan sangat hati-hati menelusuri wilayah yang menakutkan. Dia bisa atau tidak bisa semakin jauh pada saat itu, tetapi dia mengajari kepada wanita itu sesuatu yang sangat penting—yaitu, bahwa ia memiliki seorang konselor yang perhatian dan tegar, cepat atau lambat, dia akan harus mengkonfrontasi ketakutan terdalamnya.