Lompat ke konten
Home » Arsitektur » Klasifikasi Sistem Buangan Air Kotor

Klasifikasi Sistem Buangan Air Kotor

  • oleh

Klasifikasi Sistem Buangan Air Kotor Menurut Jenis Buang

a. Sistem Pembuangan Air Tinja, adatah sistem pembuangan dari kloset/ peturasan, dll. yang berasal dari datam gedung, yang dikumpulkan dan dialirkan dalam bangunan bersama-sama.

b. Sistem Pembuangan air bekas pakai / air sabun, adalah sistem pembuangan air dimana air bekas pakai dalam gedung dikumputkan dan dialirkan ke luar bangunan.

c. Sistem Pembuangan Air Hujan. Adalah sistem pembuangan dimana hanya air hujan dari atap gedung dan tempat lainnya dikumpulkan dan diatirkan ke tuar bangunan.

d. Sistem Pembuangan Air Khusus. Adatah sistem buangan yang dikhususkan bagi air buangan yang apabila ditinjau dari segi pencemaran tingkungan adalah sangat berbahaya, terutama jika air buangan tersebut langsung disaturkan datam riot kota tanpa proses pengamanan/pengolahan lebih dahutu. Oleh karena itu perlu disediakan peratatan khusus untuk mengolahnya sesuai persyaratan, sebelum dibuang ke riot kota.

e. Sistem Pembuangan dari Air Berlemak dari Dapur. Sistem pembuangan dari dapur secara umum sebenarnya dapat dimasukkan datam riot kota tanpa proses pengamanan terlebih dahulu.

Klasifikasi Sistem Buangan Air Kotor Menurut Cara Pembuangan Air Kotor

a.Sistem pembuangan campuran, yaitu sistem pembuangan dimana segala jenis air buangan dikumpulkan ke dalam satu saluran dan dialirkan ke luar gedung, tanpa memperhatikan jenis air buangannya.

b.Sistem pembuangan terpisah, yaitu sistem pembuangan dimana segata jenis air buangan dikumpulkan dan dialirkan ke luar gedung secara terpisah.

c. Sistem pembuangan air secara tak langsung, yaitu sistem pembuangan air dimana air buangan dari beberapa lantai gedung bertingkat digabungkan datam satu kelompok.

Klasifikasi Sistem Buangan Air Kotor Menurut Cara Pengalirannya

a. Sistem gravitasi, yaitu air buangan mengatir dari tempat yang lebih tinggi secara grafitasi ke saluran umum yang letaknya lebih rendah.

b. Sistem bertekanan yaitu bita saluran umum atau riot kota letaknya lebih tinggi dari atat-atat plumbing, sehingga air buangan dikumpulkan tertebih dahulu dalam suatu bak penampung kemudian dipompakan ke riot kota.

Klasifikasi Sistem Buangan Air Kotor Menurut Letaknya

a. Sistem pembuangan dalam bangunan, yaitu sistem pembuangan yang tertetak di datam gedung, sampai jarak satu meter dari dinding tuar bangunan tersebut.

b. Sistem  pembuangan  di  luar  bangunan atau riot bangunan, yaitu sistem pembuangan di luar bangunan, di halaman, mulai satu meter dari dinding paling tuar dari bangunan sampai ke riot kota.

Referensi : ELISA (eLearning System for Academic Community) UGM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.