Lompat ke konten
Home » Teknik Elektro » Keterpisahan Linear

Keterpisahan Linear

  • oleh
  • Desember 16, 2021Desember 16, 2021

Karena diinginkan salah satu dan dua tanggapan, maka fungsi aktivasi diambil fungsi undak (step). Nilai fungsi ini adalah 1 bila masukan neto positif dan -1 bila masukan neto Karena masukan negative. Karena masukan neto adalah:

Tergantung pada cacah unit masukan, persamaaan ini menyatakan garis, bidang atau hyperbidang (hyperplane). Bila ada bobot (dan prasikap) sehingga semua vektor masukan pelatihan mempunyai tanggapan yang benar +1 berada pada salah satu sisi dari batas keputusan dan semua vektor masukan pelatihan yang mempunyai tanggapan yang benar -1 berada pada sisi yang lain dan batas keputusan, maka dikatakan bahwa masalahnya adalah terpisahkan linear.

Minsky dan Papert menunjukkan bahwa jaringan satutapis hanya dapat belajar masalahnya yang terpisahkan linear. Jaringan multilapis dengan fungsi aktivasi linear tidak lebih handal daripada jaringan satu lapis, karena penyusunan fingsi linear adalah linear.

Daerah dengan y positifdipisahkan dan daerah dengan y negative oleh garis:

dua daerah ini disebut daerah keputusan

Catatan.:

1. Ada banyak w1, w2 dan b yang memberikan garis yang sama.

2. Ada banyak garis yang dapat memisahkan titik masukan yang mempunyai nilai target yang berbeda.

3. Pemilihan tanda b menentukan sisi yang mana dan garis pemisah yang sesuai dengan tanggapan +1 dan sisi yang sesuai dengan tanggapan -1

4. Ada empat pola yang berbeda yang dapat digunakan untuk melatih jaringan dengan dua unit masukan, tetapi ada dua tanggapan yang mungkin untuk setiap pola masukan. Maka ada 24 fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk melatih jaringan yang sederhana (misal AND, OR, XOR, dil). Yang menjadi pertanyaan adalab apakah ada bobot sedemikian sehingga janingan mempunyai keluaran yang diinginkan untuk apa vektor masukan pelatihan.

Contoh Daerah tanggapan untuk fungsi AND adalah sebagai berikut :

Setiap titik yang tidak pada batas keputusan dapat digunakan untuk menentukan sisi yang mana dan batas yang positif dan yang negatif, titik asal cocok digunakan bila tidak berada pada batas keputusan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.