Lompat ke konten
Home » Uncategorized » Keputusan Pribadi dan Keputusan Organisasi

Keputusan Pribadi dan Keputusan Organisasi

  • oleh
  • Oktober 27, 2021Oktober 27, 2021

Salah satu dari pengelompokkan itu adalah membedakan keputusan antara keputusan pribadi dan keputusan organisasi. Keputusan pribadi menunjuk pada keputusan yang dibuat seseorang sebagai individu sehingga akibat atau pengaruh dari keputusan itu tertuju pada individu itu sendiri dan kehidupan pribadinya.

Banyak dari keputusan pribadi ini tidak memiliki arti yang penting dan memiliki kaitan yang kecil dengan lingkungan kegiatan atau aktifitas di dalam organisasi. Sebagai contoh dari keputusan ini misalnya keputusan untuk makan siang diluar, belanja setelah pulang kerja, memilih warna baju dan sebagainya.

Meskipun demikian, terdapat pula beberapa keputusan pribadi ini yang memiliki kaitan yang penting dengan aktifitas dan peranan seseorang dalam organisasi. Keputusan pribadi yang memiliki relevansi penting dengan kegiatan organisasio ini anatara lain keputusan pribadi yang berkaitan dengan karier dalam organisasi, tingkat keaktifan dan partisipasinya dalam kegiatan organisasi.

Walaupun keputusan mengenai karier dalam organisasi adalah keputusan yang sifatnya personal, tetapi keputusan ini memiliki kaitan yang erat dengan organisasi karena karier itu dikembangkan dalam organisasi, yang menyangkut aktifitas dalam organisasi yang akan dilakukan. Pada keputusan pribadi yang demikian, pengaruhnya tidak hanya bagi individu itu, tetapi juga bagi organisasi.

Pada sisi yang lain, terdapat keputusan organisasi. Keputusan organisasi merupakan keputusan yang berkaitan dengan berbagai aktifitas, kebijakan, pelaksanaan kegiatan yang ada di dalam organisasi. Keputusan organisasi berkisar dari hal-hal yang kecil sampai dengan hal-hal yang besar dan berdampak luas. Hal-hal kecil misalnya kebutuhan akan alat tulis yang dipergunakan untuk mendukung kegiatan organisasi, sedangkan hal-hal yang besar misalnya perubahan peraturan dasar organisasi, perluasan kegiatan dan sebagainya.

Pada tingkat tertentu, perbedaan , antara keputusan pribadi dengan keputusan organisasi tidaklah nampak jika dilihat dari siapa yang membuat keputusan (who makes decision), ketika seseorang dalam organisasi memiliki kewenangan untuk membuat suatu keputusan di dalam organisasi.

Perbedaan akan nampak jelas jika dilihat dari apa obyek yang diputuskan (what the object of the decision is). Keputusan pribadi dibuat oleh orang-orang menyangkut berbagai rencana dan kegiatan-kegiatan dari orang-orang itu di masa datang, sedangkan keputusan organisasi dibuat oleh orang-orang menyangkut kebijhakan-kebijakan dan kegiatan-kegiatan organisasi di masa datang dimana orang-orang ini menjadi anggota atau bagian dari organisasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.