Lompat ke konten
Home » Statistik » Jenis – Jenis Fungsi

Jenis – Jenis Fungsi

  • oleh

Dalam Matematika kita dapat mendefinisikan fungsi sebagai relasi khusus yang memetakan setiap elemen himpunan A dengan satu dan hanya satu elemen himpunan B. Baik himpunan A dan B harus kosong. Pada dasarnya penggunaan fungsi setara dengan penggunaan definisi output tertentu untuk input tertentu. Oleh karena itu, f: A → B adalah fungsi sedemikian rupa sehingga untuk a A ada elemen unik b B sehingga (a, b) f.

Jenis Fungsi

Fungsi Satu ke Satu

Adalah sebuah fungsi f: A → B adalah One to One jika untuk setiap elemen A ada elemen B yang berbeda. Disebut juga Injective. Pertimbangkan jika a1 A dan a2 B, f didefinisikan sebagai f: A → B sedemikian rupa sehingga f (a1) = f (a2)

Banyak ke Satu Fungsi

 Ini adalah fungsi yang memetakan dua atau lebih elemen A ke elemen yang sama dari himpunan B. Dua atau lebih elemen A memiliki bayangan yang sama di B.

Onto Function

Jika ada fungsi yang setiap elemen himpunan B ada (ada) pra-gambar di himpunan A, itu adalah Fungsi Ke. Onto juga disebut sebagai Fungsi Surjektif.

One – One and Onto Function

Suatu fungsi, f adalah Satu – Satu dan Ke atau Bijektif jika fungsi f adalah fungsi Satu ke Satu dan Ke. Dengan kata lain, fungsi f mengasosiasikan setiap elemen A dengan elemen B yang berbeda dan setiap elemen B memiliki pra-gambar di A.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.