Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Jenis Jenis CRM

Jenis Jenis CRM

  • oleh

Manajemen hubungan pelanggan (CRM) penting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Semakin baik hubungannya, semakin mudah menjalankan bisnis dan menghasilkan pendapatan. Oleh karena itu menggunakan teknologi untuk meningkatkan CRM masuk akal bisnis yang baik. Solusi CRM termasuk dalam empat kategori besar berikut.

Solusi outsourcing

Penyedia layanan aplikasi dapat memberikan solusi CRM berbasis web untuk bisnis Anda. Pendekatan ini sangat ideal jika Anda perlu menerapkan solusi dengan cepat dan perusahaan Anda tidak memiliki keterampilan internal yang diperlukan untuk menangani pekerjaan dari awal. Ini juga merupakan solusi yang baik jika Anda sudah diarahkan ke e-commerce online.

Solusi siap pakai

Beberapa perusahaan perangkat lunak menawarkan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan paket yang ada. Versi potong perangkat lunak semacam itu mungkin cocok untuk bisnis kecil. Pendekatan ini umumnya merupakan pilihan termurah karena Anda berinvestasi dalam komponen perangkat lunak standar. Kelemahannya adalah bahwa perangkat lunak mungkin tidak selalu melakukan apa yang Anda inginkan dan Anda mungkin harus menukar fungsionalitas untuk kenyamanan dan harga. Kunci sukses adalah bersikap fleksibel tanpa terlalu banyak berkompromi.

Perangkat lunak (Software) khusus

Untuk solusi CRM yang disesuaikan, konsultan dan insinyur perangkat lunak akan menyesuaikan atau membuat sistem CRM dan mengintegrasikannya dengan perangkat lunak Anda yang ada. Namun, ini bisa mahal dan memakan waktu. Jika Anda memilih opsi ini, pastikan Anda menentukan dengan cermat apa yang Anda inginkan. Ini biasanya akan menjadi opsi yang paling mahal dan biayanya akan bervariasi tergantung pada apa yang dikutip oleh perancang perangkat lunak Anda.

Solusi terkelola

Sebuah rumah setengah jalan antara solusi kustom dan outsourcing, ini melibatkan menyewa suite aplikasi CRM yang disesuaikan sebagai paket yang disesuaikan. Ini bisa hemat biaya tetapi itu mungkin berarti Anda harus berkompromi dalam hal fungsionalitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.