Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Jenis Jenis Akuntasi Komitmen

Jenis Jenis Akuntasi Komitmen

  • oleh

1.Fasilitas pinjaman yang diterimaadalah fasilitas pinjaman yang  diterima oleh bank  dari  bank  lain    atau  pihak  lain  dan  belum  digunakan  pada  tanggal penyusunan laporan keuangan. Nilai komitmen yang disajikan adalah sejumlah nilai nominal penarikan atau pelunasan atas fasilitas tersebut, sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam perjanjian pemberian fasilitas kredit tersebut.

2. Fasilitas Kredit Yang Diberikan adalah fasilitas kredit yang telah disetujui oleh bank untuk diberika kepada nasabah dan masih berlaku untuk digunakan nasabah. Fasilitas kredit yang diberikan disajikan sebesar sisa komitmen yang belum ditarik.

3. Letter of Credit Yang Tidak Dapat Dibatalkan yang masih berjalan Adalah jaminan dalam bentuk penerbitan L/C yang tidak dapat dibatalkan dalam rangka impor dan ekspor atau lalu lintas perdagangan. L/C tersebut disajikan sebesar sisa jumlah L/C yang belum direalisasi.

4. Kewajiban Pembelian Kembali Aktiva yang Dijual Dengan Syarat Repo adalah kewajiban bank untuk membeli kembali aktiva bank pada waktu tertentu yang sesuai dengan perjanjian.Transaksi ini merupakan komitmen kewajiban bank  kepada  nasabah  dan  harus  disajikan  sebesar  harga  pembelian  yang disepakati bank dengan nasabahnya.

5. Akseptasi Wesel Impor Atas Dasar L/C Berjangka Adalah pemberian jaminan dalam bentuk penandatanganan  terhadap  wesel-wesel  impor  atas  dasar  L/C berjangka. Akseptasi wesel tersebut disajikan sebesar nilai nominal wesel yang diaksep.

6. Transakasi Valuta Asing Tunai (SPOT) Yang Belum Diselesaikan Adalah jumlah transaksi valuta asing tunai yang masih belum diselesaikan pada tanggal laporan.  Transaksi  tersebut  wajib  dilaporkan  dalam  laporan  komitmen  dan kontijensi dan dijabarkan ke dalam mata uang rupiah dengan menggunakan kurs tengah pada tanggal laporan.

7. Transakasi Berjangka Valuta Asing (Forward/Future) Yang Masih Berjalan

Tagihan atau kewajiban yang timbul dari transaksi berjangka valas dicatat dan disajikan sebesar tagihan atau kewajiban bank. Saldo tagihan atau kewajiban berjangka dalam valas dijabarkan ke dalam Rupiah menggunakan kurs tengah tanggal laporan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.