Lompat ke konten
Kategori Home » Teknik Elektro » Jaringan Neural Memori Heteroasosiatif

Jaringan Neural Memori Heteroasosiatif

  • oleh

Bobot jaringan ini dapat diperoleh dengan aturan Hebb atau aturan delta. Untuk jaringan dengan aturan Hebb, jaringan akan memperoleh vektor keluaran y yang sesuai dengan vector masukan x, yang merupakan salah satu dan pola tersimpan s(p) atau polabaru.

Arsitektur

jaringan neural memori heteroasosiatif terlihat pada Gambar

Jaringan memori heteroasosiatif

Masukan neto untuk neuron Yj adalah:

Vektor kelurn y memberikan pola yang tersosiasi dengan vector masukan x. Memori heteroasosiatif ini tidak iterative. Bila tanggapan jaringan biner, maka fungsi aktivasi yang sesuai adalah:

Bentuk umum fungsi aktivasi yang mengandung ambang θ yang digunakan pada pada asosiatif bidireksional (Bidirectional Assosiative Memory, BAM) adalah sebagai t (jaringan iterative):

Pemilihan tanggapan yang diinginkan untuk neuron, bila masukan netonya tepat sama dengan ambang adalah sembarang. Untuk jaringan heteroasosiatifumpan maju, diperlukan definisi awal aktivasi untuk semua unit, misalnya ditetapkan sama dengan nol Juga dimungkinkan menggunakan fiingsi aktivasi Perceptron yang memerlukan masukan neto lebih besar dari pada θj agar keluaran sama dengan 1 dan masukan neto kurang dan θj agar keluaran sama dengan -1. Bila aturan delta digunakan untuk pengaturan bobot, maka fungsi aktivasi yang lain seperti sigmoid juga dapat digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *