Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Inti Masalah Ekonomi

Inti Masalah Ekonomi

  • oleh

Inti Masalah Ekonomi adalah masalah bagaimana memanfaatkan sumber daya yang terbatas atau langka dengan sebaik-baiknya. Masalah ekonomi Semua masyarakat menghadapi masalah ekonomi,  Masalah ekonomi itu ada, meskipun kebutuhan dan keinginan orang tidak terbatas, namun sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan terbatas.

Sumber daya terbatas dalam dua cara penting:

Terbatas dalam kuantitas fisik, seperti dalam kasus tanah, yang memiliki kuantitas terbatas. Terbatas penggunaannya, seperti dalam hal tenaga kerja dan mesin, yang hanya dapat digunakan untuk satu tujuan pada satu waktu.

Pilihan dan biaya peluang

Pilihan dan biaya peluang adalah dua konsep dasar dalam ekonomi. Mengingat bahwa sumber daya terbatas, produsen dan konsumen harus membuat pilihan di antara alternatif yang bersaing. Individu harus memilih cara terbaik untuk menggunakan keterampilan dan usaha mereka, perusahaan harus memilih cara terbaik untuk menggunakan pekerja dan mesin mereka, dan pemerintah harus memilih cara terbaik untuk menggunakan uang pembayar pajak.

Tiga pertanyaan Samuelson

Pemenang Hadiah Nobel pertama di bidang ekonomi dari Amerika, mendiang Paul Samuelson, sering dipuji karena memberikan penjelasan pertama yang jelas dan sederhana tentang masalah ekonomi – yaitu, bahwa untuk memecahkan masalah ekonomi, masyarakat harus berusaha menjawab tiga pertanyaan dasar yaitu Apa yang harus menghasilkan?, Bagaimana cara menghasilkan? Dan Untuk siapa diproduksi?

Apa yang harus diproduksi?

Masyarakat harus memutuskan kombinasi terbaik barang dan jasa untuk memenuhi beragam keinginan dan kebutuhan mereka. Masyarakat harus memutuskan berapa jumlah sumber daya yang berbeda yang harus dialokasikan untuk barang dan jasa ini.

Bagaimana cara menghasilkan?

Masyarakat juga harus memutuskan kombinasi faktor terbaik untuk menciptakan output barang dan jasa yang diinginkan. Misalnya, berapa tepatnya tanah, tenaga kerja, dan modal yang harus digunakan untuk memproduksi barang-barang konsumsi seperti komputer dan mobil?

Untuk siapa diproduksi?

Akhirnya, semua masyarakat perlu memutuskan siapa yang akan mendapat manfaat dari output dari kegiatan ekonominya, dan berapa banyak yang akan mereka dapatkan. Ini sering disebut masalah distribusi. Masyarakat yang berbeda dapat mengembangkan cara yang berbeda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Barang-barang gratis Barang gratis adalah barang yang begitu melimpah sehingga konsumsinya tidak menyangkal manfaat orang lain dari mengkonsumsi barang tersebut. Dalam hal ini, tidak ada biaya peluang yang terkait dengan konsumsi atau produksi, dan barang tidak menentukan harga. Udara sering disebut sebagai barang gratis, karena bernapas tidak mengurangi jumlah yang tersedia untuk orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.